Genjot Sistem Inovasi, Jateng Raih Anugerah Iptek Budhipura – FAJAR –
Daerah

Genjot Sistem Inovasi, Jateng Raih Anugerah Iptek Budhipura

Kepala Bappeda Jateng, Sudjarwanto Dwiatmoko menyerahkan penghargaan Anugerah Iptek Budhipura 2018 dari Menristekdikti kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Selasa (14/8). (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, SEMARANG -Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam satu bulan terakhir kembali mendapat penghargaan. Kali ini, Anugerah Iptek Budhipura 2018 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) atas prestasi apik dalam penguatan sistem inovasi di wilayahnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Jateng, Sudjarwanto Dwiatmoko mengatakan, apresiasi ini diberikan bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-23. Penghargaan merupakan yang keempat bagi Pemprov Jateng.

Tahun 2013 lalu, menurut Sudjarwanto, Pemprov Jateng pernah diganjar Anugrah Budhipura untuk kategori penguatan kelembaaan Iptek. Setahun berikutnya, diberikan lagi, khususnya kategori sumber daya Iptek. Dan Anugerah Budhipura Kencana pada 2015. Sementara pada 2016 dan 2017 Pemprov Jateng absen dari penganugerahan tersebut.

“Di tingkat kota dan kabupaten, Kota Magelang dan Kota Sragen juga mendapatkan Anugerah Iptek 2018 kategori Budhipraja,” ujarnya Sudjarwanto selepas menyerahkan piala penghargaan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Kantor Gubernur, Semarang, Selasa (14/8).

Penghargaan Budhipraja tersebut, di satu sisi mencerminkan kinerja Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan sumbangsih secara massif dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Selain itu, juga menghadirkan iklim kondusif, sehingga tercipta sinergitas penerapan Iptek. Baik yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi, industri kecil, menengah, dan besar, serta pemerintah dan masyarakat di Jateng.

Gubernur Ganjar mengatakan, hilirisasi seluruh hasil riset akan dilakukan pihak Litbang Jateng. Tujuannya, agar manfaat penelitian yang diterima masyarakat dapat dirasakan dan diterapkan untuk kepentingan bersama.

Pria berambut putih itu berharap, penganugerahan ini mampu menjadi pemicu riset-riset lainnya. “Terlebih selama ini banyak orang hanya melakukan penelitian sementara pengembangannya kurang. Setelah diteliti, siapa yang mengembangkan dan siapa yang memproduksi,” ungkapnya. (gul/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!