Distanpan Polman Lakukan Pengecekan, Inilah Ciri Hewan Kurban yang Sehat

FAJAR.CO.ID, POLMAN - Jelang Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distanpan), Bidang Peternakan Kabupaten Polman intens melakukan pengecekan kesehatan hewan di berbagai tempat kandang peternakan.

Pengecekan ini, dimaksudkan agar semua hewan yang akan dijadikan kurban oleh masyarakat terhindar dan aman dari segala gangguan penyakit.

Kepala Bidang Peternakan Distanpan Polman, Ir Kaharuddin menuturkan, jelang hari raya kurban tim pemeriksa kesehatan hewan yang terdiri dari para dokter hewan sudah intens melakukan pemeriksaan.

Sebab tidak menutup kemungkinan hewan yang akan dijadikan kurban, ada yang tidak sehat.

Semua kandang peternakan milik kelompok yang punya hewan kurban semua diperiksa. Untuk mengetahui, kalau hewan yang sudah diperiksa tersebut layak untuk dijadikan hewan kurban.

Salah satu langkah yang dilakukan, dengan memberikan sertifikat berupa surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). SKHH memberikan arti hewan tersebut sudah layak untuk dikurbankan, sebab sudah diperiksa kesehatannya.

Ditambahkannya, bagian hewan yang diperiksa mulai dari kakinya untuk memastikan tidak ada luka. Giginya bagus dan tidak berair matanya, serta usianya di atas 2 tahun.

“Jika syarat itu dipenuhi, maka hewan itu sudah layak untuk dijadikan kurban,” jelasnya, Rabu 15 Agustus, siang tadi.

Untuk stok hewan kurban, dijamin aman dan tidak bakalan kerepotan mencari sebab disemua kandang peternakan sudah siap, baik sapi maupun kambing. (win/parepos)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...