Harta Prabowo-Sandi Triliunan, Jokowi-Ma’ruf “Hanya” Puluhan Miliar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis hasil laporan harta kekayaan dua pasangan bakal capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Perbedaan harta yang dimiliki kedua pasangan calon jika ditotal bagai langit dan bumi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan calon petahana Joko Widodo memiliki kekayaan sebesar Rp50,24 miliar, sedangkan pasangannya Ma'ruf Amin Rp11,65 miliar.

Untuk Prabowo Subianto memiliki harta kekayaan sebanyak Rp1,95 triliun. Sementara kekayaan Sandi dari hasil yang dilaporkan mencapai Rp5,099 triliun.

"Kami sampaikan penghargaan atau apresiasi terhadap para pasangan calon karena sudah melaporkan kekayaannya, dan kemudian bisa diakses oleh publik secara terbuka laporan kekayaan tersebut," ujar Febri di gedung KPK, Jakarta, Rabu (15/8).

Febri manambahkan pelaporan harta kekayaan ini merupakan salah satu syarat yang ditetapkan. Selain itu pelaporan harta kekayaan juga ditetapkan dalam UU nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi Dan Nepotisme dan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pindana Korupsi.

"Tentu saja ini sebagai salah satu bentuk keterbukaan informasi publik," tandas Febri. [nes/rmol]

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...