HUT RI ke-73, Segini Jumlah Napi yang Dapat Remisi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, Kementrian Hukum dan HAM provinsi Sulawesi Selatan memberikan remisi bagi narapidana dan anak pidana di Aula Lapas Kelas 1 Makassar, Jumat (17/8/18).

Untuk diketahui, jumlah tahanan dan narapidana se Sulawesi Selatan yang ditempatkan pada 9 Lapas dan 15 Rutan, sebanyak 9.793 orang. Dimana tahanan sebanyak 3.283 orang, dan narapidana sebanyak 6.510 orang.

Sementara narapidana yang mendapat remisi umum pada tahun 2018 sebanyak 3.859 orang. Narapidana yang mendapat remisi umum I sebanyak 3.797 orang, dan remisi umum II atau langsung bebas sebanyak 62 orang.

Selain itu, remisi umum untuk narapidana tindak pidana korupsi sebanyak 27 orang. Kemudian narapidana tindak pidana teroris sebanyak 2 orang, dan narapidana tindak pidana narkotika sebanyak 636 orang.

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sulsel, Imam Suyudi mengatakan remisi merupakan hak sebagai warga binaan kemasyarakatan. Dimana narapidana Lapas Kelas 1 Makassar yang mendapat remisi sebanyak 400 lebih. Ia mengungkapkan bahwa syarat narapidana untuk mendapatkan remisi yaitu berkelakuan baik selama 1 tahun, dan telah menjalani masa tahanan selama 6 bulan.

“Jadi kalau mereka sudah memenuhi justice Collaborator dari penyidiknya baik dari kejaksaan maupun dari KPK, ataupun dari kepolisian mereka akan mendapatkan remisi,”ungkapnya.

Sementara Penjabat Gubernur Sulsel, Sony Sumarsono memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dengan dukungan dan pelaksanaan pelayanan dan bimbingan kepada warga binaan kemasyarakatan.

“Semoga remisi ini akan memberikan kesempatan untuk berbuat baik kepada warga binaan kemasyarakatan, saya berharap saudara dapat menjadi insan yang baik dan berguna bagi bangsa,”kata Sony.(sul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...