Salut! Tali Putus saat Upacara, Bocah SMP Ini Keluar dari Barisan dan Manjat Tiang Bendera

Jumat, 17 Agustus 2018 - 15:30 WIB

FAJAR.CO.ID, Aksi heroik bocah SMP memanjat tiang bendera viral di jagat maya. Aksi ini dilakukan karena tali pada tiang bendera putus ketika sang saka merah putih itu hendak dikibarkan guna memperingati HUT RI di 17 Agustus. Kejadian ini terjadi di kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya pantai Mota’ain, Desa Silawan, sekitar pukul 19.40.

Informasi yanh diperoleh, sang bocah itu bernama Yohanes Andigala, siswa SMPN Silawan yang duduk di bangku kelas 7.

Aksi ini awalnya terjadi ketika merah putih hendak dikibarkan, namun tali yang digunakan putus dan tersangkut pada hujung tiang bendera. Meskipun demikian, lagu Indonesia Raya tetap dinyanyikan tanpa diiringi pengibaran bendera.

Setelah selesai lagu kebangsaan dinyanyikan, sontak saja, bocah yang biasa dipanggil Jhoni ini, keluar dari barisan menuju tiang bendera dan memanjatnya. Jhoni sempat diteriak oleh peserta upacara agar turun, namun Ia tetap melanjutkan hingga sampai pada pangkal tiang dan mengambil hujung tali yang tersangkut itu.

Akshi Jhoni sempat membuat decak kagum peserta upacara sekalgus cemas akan keselamatannya. Beberapa petugas dari TNI juga terlihat membantu Jhoni dengan memegang tiang bendera dari bawah.

Aksinya itu pun berhasil dan upacara dilanjutkan. Jhoni dipersilahkan berdiri di samping
Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan selaku Inspektur Upacara.

Ose Luan mengatakan dalam arahannya mengtakan, tidak mudah dan tidak Indonesia meraih kemerdekaan. Dalam sejarah, banyak pejuang bertumpah darah demi meraih kemerdekaan. Dan itu terjadi seperti aksi heroik yang dilakukan bocah tadi.

“Dan seorang anak kecil dengan begitu sikap hebatnya memanjat tiang ini dan kemudian dapat mengatasi masalah sehingga kiya yang tadi bingung tersenyum kembali,” ucap Ose.

Kejadian tadi, kata Ose, insiden yang tidak direncanakan, tapi diharapkan bisa dijadikan suatu kekurangan untuk kedepan bahwa meraih kemerdekaan seperti kejadian tadi dan NKRI tetap kuat.

“Ini pahlawan kecil penyelamat kita pagi ini. Seorang anak pelajar yang menjadi penyelamat dalam upacara kemerdekaan,” kata dia.

“Terimakasih pahlawan kecil, kejadian ini menggugah saya tapi kau adalah pahlawan dan ini pembelajaran untuk kita semua,” sambungnya. (fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.