4.414 Ekor Hewan Kurban Siap Disembelih

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SIDRAP — Stok hewan kurban yang disediakan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP2) Sidrap tahun ini aman terkendali. Jumlah hewan kurban yang tersedia mencapai 4.414 ekor.

Jumlah hewan sembelih terdiri dari 3.864 ekor sapi dan 550 ekor kambing. Hewan kurban tersebut tersebar di 11 kecamatan.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP2) Sidrap, Sadaliah, Minggu, (19/8) mengatakan ketersediaan hewan kurban tersebar di seluruh kecamatan.

“Jadi silahkan bagi masyarakat yang mau berkurban, tidak usah ragu dan takut, sapi dan kambing tersedia di seluruh wilayah di Sidrap,” ujar Sadaliah.

Menurutnya pihaknya menjalankan prosedur tetap dan memastikan hewan kurban yang tersedia di pasaran dalam kondisi sehat dan layak untuk di konsumsi.

“Kita punya protap, di mana pada H-3 hingga H-1 dinas akan berkordinasi dengan tempat ibadah yang menerima hewan kurban. Jadi sebelum hewan ini dipotong akan kembali diperiksa dulu oleh paramedis apakah hewan yang dimaksud layak atau tidak, ini dilakukan sebelum dan sesudah dipotong,” ujarnya lagi.

Sadiliah menambahkan kini pihaknya tengah melakukan sosialisasi kepada para pengurus Masjid terkait hal-hal yang diwajibkan dalam perawatan hewan kurban sebelum dipotong.

Dokter Hewan PKP2 Sidrap dr Emi mengatakan, ribuan hewan kurban yang disiapkan itu sudah diperiksa secara rutin di tiap-tiap kecamatan oleh petugas teknis peternakan yang sudah dibentuk.

“Ada tim petugas teknis peternakan yang sudah di bentuk di tiap kecamatan untuk mendata jumlah ketersediaan hewan qurban di pedagang sekaligus diperiksa secara klinis sehat atau tidaknya,” kata Emi.

Umur sapi yang layak jadi hewan kurban yakni minimal umur 2 tahun sedangkan kambing harus berumur 1 tahun ke atas.
Sementara, bagi pedagang yang ingin menjual hewan kurban ke luar daerah, kata dr Emi sudah diimbau untuk meminta surat keterangan izin keluar ternak. (ady/bkm/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...