Gandeng Kodam Hasanuddin, BBWSPJ Bersihkan Kanal di Makassar dan Gowa

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kodam XIV/Hasanuddin melakukan perjanjian kerjasama antara Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWPJ). Kerjasama tersebut untuk pemeliharaan kanal dan saluran di kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, mengatakan bahwa kondisi kanal di wilayah Makassar dan Gowa sangat memprihatinkan. Dengan kerjasama ini menjadikan akan memberikan dampak dari kondisi yang memprihatinkan menjadi membanggakan.

“Saya pikir ini kewajiban kita bersama, dan untuk di Makassar maupun di kabupaten Gowa menjadi daerah yang bersih aliran sungainya dan layak guna, dan betul-betul tidak menjadi ancaman penyakit khususnya,”ungkapnya pada Launching di Kanal Hertasning Makassar, Selasa (21/8/18).

Untuk itu, pihaknya akan menurunkan 500 personil dari Kodam XIV/Hasanuddin beserta alat angkut yang juga akan dibantu oleh pihak Balai Pompengan dan pengawas.

“Kita juga himbau kepada masyarakat untuk turut serta membersihkan kanal, dan jangan lagi membuang sampah di kanal. Target pengerjaan nantinya 3 sampai 4 bulan untuk tahap pertama,”terangnya.

Senada dengan Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo mengapresiasi dilibatkannya Kodam XIV/Hasanuddin dalam program bersih kanal dan saluran ini. Menurutnya, personil TNI cukup banyak dan kerja yang disiplin dari para anggota TNI.

“Tentunya kita harapkan kerjasama dengan pihak terkait untuk kebersihan kanal di kabupaten Gowa karena sekarang kondisinya memprihatinkan. Yang harus diingat bahwa saluran ini merupakan saluran untuk mengatasi banjir,”katanya.

Selain itu, Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyambut baik program tersebut. Dikatakan Danny, inisiasi dari balai dengan mengundang Kodam menjadi hal yang luar biasa sekali dan menolong masyarakat.

“Ini seperti pungguk merindukan bulan ternyata bulannya sudah ada sekarang. Kalau ini rutin saya kira akan menjadi sarana transport kita.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, T Iskandar mengatakan bahwa keterlibatan anggota TNI memang sudah seharusnya, dikarenakan wilayah tersebut merupakan teritorial dari TNI.

“Kami dari balai sudah membicarakan ini kepada pemerintah kabupaten kota tentang keberlanjutan kebersihan kanal ini, dan pak bupati juga pak walikota. Ini baru tahap pertama nanti kita akan berkembang ke wilayah kabupaten kota lainnya. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...