Indonesia Melaju ke Final Senam Artistik

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia melaju ke tiga babak final pada senam artistik putri setelah melakoni pertandingan kualifikasi di JIExpo Hall D, Kemayoran, Jakarta, Selasa (21/8) kemarin.

Pertama, Indonesia lolos melalui kategori tim setelah menempati posisi kedelapan dari 11 negara dengan skor 140,85 dari empat kategori yang ditandingkan, yakni meja lompat (vault), palang bertingkat (uneven bars), lantai (floor exercise), dan balok keseimbangan (balance beam).

Untuk kategori tim, China menempati posisi teratas dengan skor 166,1 diikuti Korea Utara dengan skor 158,5, Korea Selatan 155,3, Jepang 153,95, Chinese Taipei 146, Malaysia 145,5, dan India 144,3.

Adapun tim senam putri Indonesia terdiri dari Rifda Irfanaluthfi, Amalia Fauziah, Nur Cahya, Armartiani, dan Tasza Devira.

Skor keseluruhan Indonesia dari empat kategori tersebut antara lain meja lompat 38,45, palang bertingkat 32,9, balok keseimbangan 34,5, dan lantai 35.

Sementara itu, Indonesia juga melaju ke final melalui Rifda setelah menempati posisi lima besar pada dua kategori, yaitu meja lompat dan lantai.

Pada kategori meja lompat, Rifda menempati posisi kelima dengan poin 13,5.

Adapun posisi pertama sampai empat masing-masing ditempati pesenam asal Korea Selatan Seojeong Yeo dengan skor 14,45, Rye Yong Pyon asal Korea Utara dengan skor 14,275, Oksana Chusovitina asal Uzbekistan dengan skor 14,2, dan Su Jong Kim asal Korea Utara dengan skor 13,85.

Sementara pada kategori lantai, Rifda juga menempati posisi kelima dengan skor 12,56.

Adapun posisi pertama ditempati dua pesenam dengan skor sama 13,15 masing Yile Chen dari China dan Shiho Nakaji dari Jepang. Sementara posisi ketiga ditempati Seojeong Yeo asal Korea Selatan dengan skor 12,9 dan posisi keempat ditempati pesenam Korea Utara Su Jong Kim dengan skor 12,7.

Direncanakan, final kategori tim akan dilangsungkan pada Rabu (22/8). Sedangkan final kategori individual dilangsungkan pada Kamis (23/8).

Usai pertandingan, Rifda menyatakan bahwa dirinya lebih percaya diri saat bertanding dalam kategori meja lompat.

“Kalau di “vault” (meja lompat) karena gerakannya sama seperti Sea Games jadi lebih percaya diri, lebih yakin karena sebelumnya sudah pernah tampil,” kata atlet kelahiran 16 Oktober 1999 di Jakarta itu.

Rifda diketahui merupakan pesenam andalan Indonesia karena telah menorehkan beberapa prestasi dalam berbagai ajang seperti pada Sea Games Malaysia 2017 dengan merebut 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Cabang senam berlangsung mulai dari 20 hingga 24 Aguatus 2018, memperebutkan 12 medali emas, diikuti 139 atlet dari 23 negara.

Negara yang mengikuti senam artistik ini adalah Kamboja, China, Hong Kong, Indonesia, India, Iran, Jepang, Kazakhstan, Kyrgystan Korea Selatan, Arah Saudi, Malaysia, Mongolia, Pakistan, Philipina, Korea Utara, Qatar, Singapura, Thailand, Chinese Taipei, Uzbekistan dan Vietnam. ()

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...