Kerja Sama Pariwisata Selayar dan Qatar Segera Terwujud

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Rencana Selayar menjalankan misi pariwisata ke Qatar bakal terwujud. Melalui Qatar Investment Authority (QIA), Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Qatar, yang ditandai dengan diselenggarakannya Forum Diskusi Investment Tourism Kuwait dan Qatar di Gedung Mulo, Kantor Dinas Pariwisata Sulsel, Makassar, beberapa waktu lalu.

Forum tersebut membahas potensi wisata bahari yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar, dihadiri Perwakilan Indo Kuwait Qatar Business Council (IKQBC) Uty Indra, sekaligus CEO Goindonesia tours, Kadis Pariwisata Sulsel Musaffar, dan para pengusaha muda Indonesia.

VP Tourism IKQBC, Uty Indra, menyatakan, salah satu negara yang memiliki keindahan alam bahari adalah Indonesia. Oleh karena itu, Qatar, kata Uty, siap membuka investasi dalam pengembangan wisata bahari ini, di antaranya adalah pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Untuk pengembangan wisata, Qatar akan menyiapkan pembangunan infrastruktur jalan ataupun jasa perhotelan,” ujar Uty.

Hal senada juga diutarakan Duta Besar Indonesia untuk Qatar Marsekal Madya TNI (Purn), Muhammad Basri Sidehabi, yang mengatakan bahwa peluang investmen Qatar saat ini terbuka lebar. Untuk itu, ia berharap pemerintah daerah di Indonesia memanfaatkan momentum ini dalam rangka pengembangan wisata bahari.

Ia pun tidak segan untuk mengungkap bahwa Qatar siap menggelontorkan dana cukup besar untuk berinvestasi di 10 destinasi wisata di Indonesia yang disebut sebagai Bali Baru.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Pariwisata Sulsel, Musaffar Syah tidak segan untuk memberi apresiasi kepada pemerintah Qatar yang siap memberikan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam pengembangan wisata bahari.

“Saya kira banyak potensi wisata bahari di Sulsel,diantaranya di Selayar, Makassar, Pangkep, dan Bulukumba,” Musaffar melugaskan.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali, mengaku bangga dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata kepulauan Selayar hingga diincar pengusaha Qatar. Dia berharap rencana kerjasama ini juga dapat difasilitasi oleh Duta Besar (Dubes) Qatar untuk Indonesia. (ade/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...