PJ Gubernur Sulsel Sebut Kemenangan ‘Koko’ Contoh Demokrasi Ideal

Sabtu, 25 Agustus 2018 - 06:49 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rapat Pimpinan Nasional KPU seluruh Indonesia 2018, kembali dipusatkan di Kota Makassar. Hajatan akbar yang kedua kali ini, dilaksanakan di Hotel The Rindra Makassar, tanggal 24-26 Agustus 2018.

Dalam sambutan Pj Gubenrur Sulsel, Soni Sumarsono memperkenalkan contoh demokrasi ideal yang terjadi di Pilwalkot Kota Makassar belum lama ini.

Menurut Soni, proses demokrasi berjalan efektif dan efesien dengan memenangkan kolom kosong merupakan sejarah demokrasi baru di indonesia. Oleh sebab itu, eks Pj Gubernur DKI Jakarta itu, mengajak KPU se-Indonesia yang hadir memberikan aplus kepada demokrasi di kota ini.

“Kalau ingin belajar demokrasi datang di Makassar. Tepuk tangan untuk kemenangan kotak kosong,” ajak Soni.

Dirjen Otonomi Daerah, Kemendagri RI itu menambahkan, rakyat Makassar semakin cerdas memilih pemimpin. Lanjut dia, kemenangan kolom kosong adalah menujukan demokrasi berjalan sehat.

Bahkan dia menyebutkan, sejumlah akademisi dan peneliti dari luar negeri baru-baru ini menyambangi kantor Gubernur Sulsel untuk ingin mengetahui dan mempelajari soal kemenangan kolom kosong.

“Ini menujukan demokrasi Makassar sehat. Perna sejumlah peneliti internasioanl ke Makassar,  menanyakan ke  Gubernur soal kemenangan kotak kososng. Ini adalah hal luar biasa,” pungkasnya.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, rapimnas KPU ini dihadoro seluru jajaran KPU se-indonesia untuk membahas hal urgensi setelah pilkada dan persiapan pileg serta pilpres.

“Rapimnas salah satu agenda rutin KPU. Jadi, melihat apa yang sudah kita lakukan kemarin kita evaluasi kemudian. Apa yang akan kita lakukan 4 bulan ke depan kemudian termasuk pileg dan pilpres,” ujanya. (suryadi/raksul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.