Ali Masykur Musa Terpilih Aklamasi Jadi Ketum Ikatan Sarjana NU

Minggu, 26 Agustus 2018 - 10:41 WIB

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Kongres II Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) di kampus Universitas Islam Nusantara, Bandung, akhirnya memilih kembali Ali Masykur Musa sebagai ketua umum. Mantan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) itu terpilih secara aklamasi tadi malam, Sabtu (25/8).

Sekretaris PW ISNU Jatim M. Dawud mengatakan, pada tahap pencalonan, Ali Masykur mendapat dukungan 21 PW ISNU. Saingannya adalah M. Nur Kholis Setiawan, Irjen Kementerian Agama, yang dicalonkan 7 PW ISNU.

“Tahap pencalonan di tingkat PC ISNU tidak dilanjutkan karena peserta sepakat untuk memilih Ali Masykur sebagai ketua umum dan Nur Kholis sebagai wakil ketua umum,” kata mantan komisioner KPID Jatim itu.

Ali Masykur menyatakan akan berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas sarjana dari kalangan NU. Karakter para sarjana NU, kata Ali, adalah tidak membedakan antara paham keagamaan dan kebangsaan.

“Utamanya agar toleransi dan keberagaman tetap terpelihara,” kata Ali Masykur.

Terkait Pilpres 2019, Ali Masykur menegaskan bahwa ISNU tidak terlibat dalam politik praktis. “Dukungan politik langsung mungkin tidak. Kami tetap netral,” katanya.

Ali Masykur berhasil membawa ISNU menjadi organisasi yang diperhitungkan meski masih berusia belia di lingkungan NU. Salah satu buktinya, kongres II ISNU dibuka Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

(tau/c10/tom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.