Barang Bukti Tergugat Tak Lengkap, Sidang Sengketa Tanah Jalan Pramuka Ditunda

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sidang sengketa tanah Jalan Pramuka, Rawa Sari, Jakarta Pusat kembali ditunda oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (29/8). Sidang yang dihadiri oleh kuasa hukum penggugat dan lima tergugat.

Sidang yang sempat molor berjam-jam itu berlangsung sekitar satu jam, dari pukul 14:35 sampai 13:29 WIB dengan agenda pembuktian barang bukti dari pihak tergugat. Dalam pemeriksaan barang bukti yang dilakukan oleh Majelis Hakim, ada 11 barang bukti yang dipending alias dikembalikan kepada tergugat karena tak lengkap.

Diketahui, barang bukti A1, 1J, 3H, 3J, 3K, 3E, 3L, 3M, 4, 5D dan 10C dikembalikan karena tidak lengkap. Barang bukti hak kepemilikan tanah yang disodorkan oleh tergugat 1, 3, 8, 9, 11 dan 13 berfariasi, ada bukti foto copy dan bukti surat asli.

Saat menyerahkan bukti kepemilikan tanah, Ketua Hakim Robert meminta agar pihak tergugat menyusun alat bukti secara teratur, agar saat dilakukan pemeriksaan tidak merepotkan Majelis Hakim. Mendengar permintaan itu, kuasa hukum tergugat 1 dan 3 Mansur meminta agar Majelis Hakim memberikan waktu 10 menit untuk pihaknya menyusun ulang berkas-berkas tersebut.

“Meminta agar hakim memberikan waktu 10 menit untuk menyusun bukti asli. Atau sampai magrib pun kami siap,” pinta Mansur kepada Hakim Ketua.

Namun, permintaan Mansur tak ditanggapi oleh Hakim Ketua dan proses pemeriksaan dilanjutkan hingga selesai. Dalam pemeriksaan tersebut, barang bukti tergugat 8 dan 11 dinyatakan lengkap oleh Hakim Ketua.

Sementara tergugat 13 belum siap untuk menyerahkan bukti kepemilikan tanahnya, dan meminta agar Hakim Ketua memberikan waktu hingga minggu depan. Atas permuntaan itu, Hakim Ketua lantas menunda sidang sampai Rabu (5/9) dengan agenda pembuktian barang bukti.

“Ditunda sampai minggu depan, jangan sampai berlarut-larut dan tak ada pemanggilan lagi. Kemarin sempat dipanggil karena merasa iba, kali ini tidak lagi,” tegas Hakim Ketua. (Aiy/Fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...