KM Jabal Rahma Terbakar di Pelabuhan Selayar, Satu ABK Alami Luka Bakar

Minggu, 2 September 2018 - 09:45 WIB

FAJAR.CO.ID, SELAYAR – Kapal motor Jabal Rahma 02 mengalami kebakaran saat berlabuh di pelabuhan Rauf Rahman Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sabtu (1/9/18) sekira 17.30 Wita petang. Kapal dengan jalur Benteng-Bonerate itu diduga terbakar akibat korsleting listrik pada aki.

Berdasarkan keterangan dari nahkoda kapal, Muhlis, bahwa api bermula saat mesin kapal akan dinyalakan. Namun, tiba-tiba suara ledakan muncul dari aki dan menyebabkan asap hitam mengepul, dengan seketika api membesar yang menghanguskan seluruh kapal.

“Kebakaran mengakibatkan api dan asap cukup besar karena memuat bahan bakar minyak (BBM), dan bahan kebutuhan pokok,”kata Muhlis.

Tiga mobil pemadam pun diturunkan untuk melakukan pemadaman. Api baru bisa dikuasai dan benar padam sekira pukul 19.20 Wita.

Kapolres Kepulauan Selayar, Akbp Syamsu Ridwan mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa pada kebakaran ini. Namun satu orang anak buah kapal (ABK) mengalami luka bakar.

“Ada penumpang 7 orang dan ABK 5 orang, Alhamdulillah semuanya selamat, korban luka satu orang atas nama Syamsuddin pada kedua kaki dan sudah dirangani,”jelasnya.

Kapal nahas tersebut memuat barang kebutuhan pokok, BBM berupa lima drum solar, enam drum bensin, dan tabung ukuran 3 Kg sebanyak 70 buah. Akibatkan kebakaran, kerugian ditaksir sebanyak 600 juta rupiah. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.