Relokasi Pedagang Pasar Sentral Hanya Tiga Hari, Ini Penjelasan PD Pasar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar rencananya akan merelokasi pedagang resmi Pasar Sentral ke New Makassar Mall, Senin (3/9/18). Relokasi pedagang kaki lima ke New Mall Makassar selam tiga hari, terkait pengembalian fungsi jalan yang menjadi lapak para pedagang selama ini.

Direktur PD Pasar Makassar, Nuryanto mengatakan bahwa dalam relokasi PKL ini bentuk dari pengembalian fungsi jalan. Bersama dengan aparat keamanan, pihaknya menyiapkan strategi pengembalian fungsi dibeberapa jalan seperti Cokroaminoto, Ramli, dan Hasyim.

“Tetapi ketika kita berbicara tentang pengembalian fungsi jalan, maka tidak boleh ada lapak di jalan itu. Jadi seperti itu mekanisme pengembalian fungsi jalan pada hari ini,”kata Nuryanto.

Menurutnya, fungsi badan jalan yang menjadi lokasi dari PKL ini mempengaruhi proses ekonomi di Kota Makassar. Ia berharap dengan dibukanya akses jalan akan mengembalikan aktifitas ekonomi di Pasar Sentral.

New Mall Makassar ini, kata Nuryanto telah memiliki beberapa kategori. Diantaranya pedagang resmi yang telah memiliki tempat, sehingga tidak ada alasan untuk menempati lokasi itu. Kemudian PK Lima luar yang dikenal SK 871, itu sudah ada penempatannya di blok B bagian selatan.

“Sementara pedagang tumbuh atau pasca kebakaran itu sudah disiapkan di lantai 2 blok C. Jadi kalau persoalan tempat agak keliru juga kalau dianggap tidak ada tempat,”bebernya.

Senada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Imam Hud mengatakan bahwa relokasi PKL ini sudah mencapai kesepakatan dari para pedagang, dan akan dilakukan pembersihan lokasi dalam waktu tiga hari.

“Jadi lapak yang sudah kosong itu kita rapikan, kemudian pedagang yang sudah berjanji untuk keluar kita kasi kesempatan untuk mengosongkan sendiri. Dan bagi pedagang yang belum memindahkan lapaknya kami beri surat sosialisasi agar kiranya membantu,”jelasnya.(sul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...