Jauhi 5 Makanan yang Membuat Kulit Rusak dan Berjerawat – FAJAR –
Kesehatan

Jauhi 5 Makanan yang Membuat Kulit Rusak dan Berjerawat

Mengonsumsi banyak olahan susu ternyata bisa menimbulkan jerawat. (Taste)

FAJAR.CO.ID – Mengosumsi berbagai makanan tanpa batasan bukan hanya berbahaya bagi organ tubuh, ternyata juga berdampak pada kulit. Asupan makan bisa menjadi sumber utama untuk masalah kulit seperti jerawat dan kulit kusam.

Ahli kecantikan wajah dan pendiri Joanna Vargas Salon and Skincare Collection, Joanna Vargas mengatakan kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kulit secara langsung berkorelasi dengan sistem pencernaan.

Jika seseorang makan sesuatu yang tidak dapat dicerna atau mengalami kesulitan mencerna, maka tubuh akan menggunakan kulit untuk detoks. Ada sejumlah makanan yang sebaiknya dibatasi asupannya karena memberi dampak negatif pada kulit.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa memang ada hubungan antara dermatologi dan nutrisi. Pola makan menyebabkan kulit bereaksi dan membuat peradangan, jerawat, kulit kering dan banyak lagi,” jelas Joana seperti dilansir dari Pop Sugar.

Berikut 5 makanan yang akan membuat kulit rusak dan berjerawat:

 

  1. Olahan Susu

Sebagian besar susu bersumber dari sapi perah yang memiliki tingkat progesteron sirkulasi yang tinggi. Faktor pertumbuhan seperti insulin dan hormon lain diubah tubuh manusia menjadi dihidrotestosteron (DHT). Hormon-hormon ini dapat mengirim kelenjar minyak ke overdrive, yang dapat memicu jerawat pada seseorang yang rentan. Maka jika Anda yakin bahwa produk susu bisa memicu jerawat, cobalah menghentikan produk susu selama satu atau dua bulan dengan beralih ke susu almond atau susu kedelai.

 

  1. Permen

Ada kolaborasi kuat, dan studi klinis memang menunjukkan bahwa gula dan karbohidrat sederhana bisa menyebabkan jerawat karena lonjakan insulin. Sehingga dapat memicu peradangan dan jerawat.

 

  1. Kafein

Satu atau dua cangkir kopi per hari tidak akan memberi dampak kerusakan kulit. Namun jika lebih dari itu, kafein dapat menyebabkan penuaan kulit lebih dini. Maka siap-siap untuk keriput dan mengendur lebih cepat. Kafein menghambat sintesis kolagen. Maka boleh saja mengonsumsi kopi tetapi harus rajin minum air putih.

 

  1. Cemilan Asin

Terlalu banyak garam dalam makanan, bisa mengembangkan kantong di bawah mata. Kulit bisa menjadi kering dan pecah-pecah, atau mungkin kelebihan produksi minyak.

 

  1. Alkohol

Minuman beralkohol membuat dehidrasi tubuh, termasuk kulit. Minum alkohol terlalu banyak juga menghilangkan kulit vitamin dan nutrisi penting. Dampak lain dari meminum alkohol membuat pori-pori membesar, perubahan warna kulit, kulit kendur, muncul garis-garis halus pada kulit, dan membuat kulit berkurang kekenyalannya. (ika/jpc/ind)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!