Peringatan Tahun Baru Islam di Makassar Ricuh, Warga Protes Tidak Sesuai Kriteria – FAJAR –
Makassar

Peringatan Tahun Baru Islam di Makassar Ricuh, Warga Protes Tidak Sesuai Kriteria

Tokoh Masyarakat yang Dihakimi Warga (Foto:Syamsul Alam/Fajar.co.id)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Peringatan tahun baru Islam oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Kelurahan Bunga Eja Kecamatan Tallo Kota Makassar, Selasa (11/9/18), diwarnai aksi saling dorong hingga terjadi pemukulan.

Kericuhan itu berawal saat salah seorang warga yang mengaku sebagai tokoh masyarakat melakukan protes terhadap kegiatan yang dilakukan Baznas.

Ia mengaku bahwa kegiatan tersebut tidak sesuai dengan kriteria untuk warga yang menerima sembako itu. Menurutnya, Baznas tidak melakukan sosialisasi sebelum mengadakan kegiatan pembagian sembako dan pengobatan gratis tersebut.

“Saya sangat meyayangkan kegiatan ini sangat tidak tepat sasaran, seharusnya ini mengedepankan orang yang layak dengan indikator yang sudah di tentukan, bukan seenaknya,”kata Andi Bahtiar tokoh masyarakat.

Sementara Ketua Baznas Makassar, Anis Zakaria Kama mengatakan penerimaan sembako memang dikhususkan untuk warga miskin yang sudah kami target sebanyak 150 orang. Sedangkan untuk pengobatan gratis, ia mengaku terbuka untuk umum.

“Kalau orang mampu jangan pernah kasi sembako, tapi kalau berobat silahkan. Aturannya begitu,”tegas Anis.

Perdebatan antara ketua BAZNAS Makassar dengan warga yang mengaku tokoh masyarakat pun berlangsung cukup lama. Hingga salah seorang warga tersulut emosi karena merasa terganggu dengan protes tersebut.

Sekretaris RW, Yulianti mengungkapkan bahwa kegiatan penerimaan sembako dan pengobatan gratis tersebut sudah sesuai dengan data. Dimana sebelum diadakan nya kegiatan tersebut, para ketua RT dan RW terlibat dalam pendataan warga yang berhak menerima.

“Kami libatkan RT dan RW untuk mendata warga sebanyak 400 kepala keluarga, saya yakin 150 kepala keluarga yang berhak menerima itu sudah sesuai karena sudah di pilih berdasarkan kriteria warga miskin,”jelasnya. (sul/fajar)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!