Atasi Dampak Lemahnya Rupiah, Gubernur Sulsel Bakal Manfaatkan Tiga Sektor Ini – FAJAR –
Ekonomi

Atasi Dampak Lemahnya Rupiah, Gubernur Sulsel Bakal Manfaatkan Tiga Sektor Ini

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Usai dilantik menjadi Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah langsung melakukan pendalaman terhadap pelemahan kurs rupiah dan meningkatnya nilai dolar.

Dirinya mengakui telah mempelajari krisis moneter yang terjadi di tahun 1998. Di mana saat ini nilai kurs juga mengalami pelemahan yang sangat tinggi.

“Kita harus belajar pengalaman 1998. Saat itu, di Sulsel orang justru masih bisa membeli mobil. Ini harus kita kembalikan seperti itu,” katanya saat ditemui di rujab akhir pekan lalu.

Prof NA menyebutkan produksi pertanian dan perkebunan Sulsel seperti coklat, cengkeh dan kopi sangat baik. Jika ini dikembangkan dan diekspor justru akan memberikan keuntungan di saat kurs rupiah melemah.

“Sulsel ini daerah pertanian makanya yang harus dibangun industri pertanian. Bukan justru industri otomotif seperti pabrik motor yang bahannya masih impor,” jelasnya.

Karena itu, salah satu kebijakan dan program yang akan dilakukannya adalah peningkatan sektor pertanian, kelautan dan perikanan. Khusus perikanan, akan dilakukan upaya budidaya yang lebih baik.

Mantan bupati Bantaeng ini bahkan akan segera melakukan kerjasama dengan pemerintah Jepang untuk pengemabangan budidaya perikanan. Rencanya Januari akan dilakukan MoU dengan perusahaan Jepang.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menambahkan untuk antisipasi kenaikan kurs pihaknya masih menunggu kebijakan dan arahan pemerintah pusat.

“Karena kita masih baru, kita tunggu dulu kebijakan dari pusat, seperti apa arahannya. Karena kita ini perpanjangan dari pemerintah pusat di daerah,” tambahnya. (rhm/bkm/fajar)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!