Batu Aneh Berbentuk Guling dan Mengandung Logam Gegerkan Warga Sinjai – FAJAR –
Sulsel

Batu Aneh Berbentuk Guling dan Mengandung Logam Gegerkan Warga Sinjai

FAJAR.CO.ID, SINJAI – Masyarakat Dusun Balang, Desa Barambang, Kecamatan Borong, Kabupaten Sinjai, Sulsel, digegerkan dengan penemuan ratusan batu yang berbentuk bantal guling. Bahkan ada beberapa masyarakat yang menduga batu tersebut merupakan senjata yang sengaja disusun pada masa perang dahulu kala.

Kepala Urusan Kesra/Pembangunan Desa Barambang, Made, mengungkapkan batuan aneh yang ditemukan warga di sekitar puncak bukit Batu Barae tersebut mengandung logam.

“Jika ditempeli dengan besi magnit, maka magnit melengket di batu tersebut. Jika melihat fisiknya, benda yang ditemukan warga saat merintis pembukaan jalan itu terlihat sebagai bongkahan batu biasa berbentuk guling,” ujarnya.

Lanjut Made mengatakan walaupun bentuknya sama, tapi bongkahan batu tersebut mempunyai ukuran yang berbeda.

“Rata-rata bongkahan batu berukuran panjang sekitar 150-300 cm dengan diameter 50 hingga 80 cm dengan berat yang lumayan sebab tidak bisa digeser oleh satu orang saja, di dalamnya berisi logam. Sehingga warga setempat menyimpulkan bahwa benda berbentuk bulat dan panjang itu adalah logam yang terbungkus dengan bebatuan,” terangnya.

Sementara Kepala Desa Barambang, Bohari SE mengungkapkan bongkahan tersebut ditemukan warga saat mengerjakan perintisan jalan menuju Wisata air terjun.

“Anehnya banyak batu yang berjatuhan di sungai dari ketinggian beberapa meter namun kondisinya tidak mengalami patah atau pecah. Sehingga kami selaku Pemerintah Desa sangat mengharapkan Arkeolog untuk datang memeriksa batu tersebut agar tidak menimbulkan polemik di masyarakat. Supaya batu tersebut termasuk jenis batu apa, dan sudah berapa lama terbentuknya, dan bagaimana proses pembuatannya,” ujarnya.

Bahkan menurut Bohari, bongkahan tersebut seperti sengaja disusun menyerupai benteng. “Panjang susunan batu yang ditemukan ini mencapai 170 meter. Karena setahu kami di sini memang masih banyak tempat yang aneh dan bersejarah. Bahkan tidak jauh dari sini di seberang sungai terdapat gua yang sangat dalam. Namun warga tidak berani masuk lebih jauh,” jelasnya. (egy/upeks)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!