Hari Ini, Pemprov Sulsel Bahas Formasi CPNS – FAJAR –
Makassar

Hari Ini, Pemprov Sulsel Bahas Formasi CPNS

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka September ini. Hampir semua kabupaten/kota, termasuk Pemprov Sulsel mengusulkan kebutuhan CPNS. Khusus untuk Pemprov Sulsel, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mengusulkan 2.700 formasi.

Namun, pusat tidak bisa mengakomodir seluruh kebutuhan tersebut. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan hanya mendapat jatah 401 kuota.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Sulsel Tautoto Tanaranggina di ruang kerjanya, Senin (10/9) menjelaskan, pihaknya sudah menerima amplop surat bernomor 44/2018 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang berisi formasi CPNS. Amplop itu dibuka langsung Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah.

Dia menjelaskan, Provinsi Sulsel mendapat jatah sebanyak 401 kuota terdiri dari tengah pendidik 184 orang, kesehatan 129 dan teknis 87 orang, jumlahnya 400 orang.

Satu kuota lainnya, kata Tautoto, untuk salah satu CPNS guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Peserta tersebut telah memiliki nomor peserta CPNS yang telah dilakukan beberapa tahun lalu, namun karena sakit sehingga SKnya belum keluar.

Terkait kuota khusus untuk honorer K2, atlet dan penyandang disabilitas, Tautoto menyebutkan, dalam surat tersebut hanya disebut kuota umum. “Ini formasi umum tidak menyinggung K2. Nanti kita bahas di rapat koordinasi dengan kabupaten-kota, termasuk kuota atlet dan disabilitas serta sarjana cumlaude,” jelasnya.

Rapat koordinasi rencananya digelar hari ini, Rabu (12/9). Di sini juga akan diumumkan kuota CPNS dari semua kabupaten-kota se-Sulsel. Termasuk pembentukan panitia seleksi CPNS di daerah.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel mengusulkan 2.700 formasi CPNS ke KemenPAN-RB. Hanya saja dari evaluasi yang dilakukan oleh KemenPAN-RB dan BKN, kuota untuk Pemprov Sulsel disetujui hanya 401 formasi.

Untuk lingkup Pemerintah Kota Makassar, penerimaan CPNS didominasi tenaga medis, pendidikan, dan tenaga teknis. Pendaftaran mulai dibuka 19 September secara daring.

Adapun kuota formasi penerimaan CPNS khusus di Kota Makassar sebanyak 481 orang, dari total 1.370 yang diusulkan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Untuk tenaga guru dan medis (kesehatan) kuota yang tersedia sebanyak 310 orang. Tenaga teknis IT 24 orang dari kuota 481 kuota. Sisanya masuk di umum.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BK-PSDMD) Kota Makassar Baso Amiruddin, menyebut persyaratan pendafataran CPNS dapat dilihat secara daring melalui situs website https://sscn.bkn.go.id // yang baru dibuka pada 19 September.

“Kota Makassar termasuk daerah mendapatkan kuota formasi kuota CPNS terbesar jika dibandingkan dengan daerah daerah lain di Sulawesi Selatan. Dokumen formasi pendaftaran dan kuota CPNS dari pusat dibuka langsung oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto,” kata Baso, kemarin.

Baik honorer K-II maupun umum dapat melihat langsung persyaratan pendaftaran melalui online situs resmi yang ada. Calon pendaftar diimbau untuk senantiasa berhati-hati terhadap penipuan iming-iming memuluskan proses serta meluluskan di CPNS. Jangan percaya dan gunakan oknum-oknum yang memberikan iming-iming meluluskan CPNS.

“Pegawai honorer K-II tetap mengikuti seleksi secara umum dan sama dilakukan dengan online juga. Pegawai honorer K-II tidak ada seleksi khususnya,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris BK-PSDMD Kota Makassar Basri Rakhman menyebut, pengumuman, pendaftaran dan seleksi dibuka pekan ke-II September sampai pada pekan ke-II Oktober. Pekan III Oktober sampai dengan November dilakukan seleksi. Meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Memasuki pekan IV November, pengumuman kelulusan dan Desember mulai dilakukan pemberkasan.

“Bagi formasi kuota jalur khusus, seperti disabilitas di Makassar tidak ada, tetapi secara nasional ada. Kuota diberikan pusat untuk Kota Makassar tahun ini sebanyak 481 orang,” ujarnya. (rhm-arf/rus/bkm)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!