Kabarnya, Gubernur Maluku Terpilih Juga Siap Dukung Jokowi – FAJAR –
Pilpres 2019

Kabarnya, Gubernur Maluku Terpilih Juga Siap Dukung Jokowi

Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kubu Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin kembali mengantongi dukungan tambahan dari kepala daerah. Kabarnya, ada Murad Ismail yang kini berstatus sebagai gubernur Maluku terpilih juga akan mendukung duet usungan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) itu di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin (TKN Jokowi-Ma’ruf) Arsul Sani mengungkapkan, ada beberapa kepala daerah yang siap mendukung jagonya di pilpres tahun depan.

“Tetapi oke lah, saya kasih contoh Pak Murad Ismail. Itu gubernur terpilih Maluku,” kata Asrul di Rumah Pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (14/9).

Sejauh ini, kata Asrul, TKN Jokowi-Ma’ruf sudah membentuk tim kampanye daerah (TKD) di 24 provinsi. Oleh karena itu TKN Jokowi-Ma’ruf akan menyelesaikan TKD untuk delapan provinsi lagi.

“Insya Allah satu atau dua hari ini (selesai). Itu sedang disusun,” ucap Arsul.

Sekretaris jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menambahkan, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 ayat (2) tentang Kampanys memungkinkan kepala daerah menjadi bagian tim pemenangan. Namun, PKPU melarang kepala daerah menjadi ketuanya.

Oleh karena itu, TKN Jokowi-Ma’ruf mempertimbangkan posisi paling tepat kepala daerah dalam tim pemenangan. Yang penting pelibatan kepala daerah di TKN Jokowi-Ma’ruf tidak melanggar aturan.

“Apakah sebagai pengarah, sebagai penasihat, saya kira itu yang masih akan difinalkan. Kami pun nanti akan minta ketegasan dari KPU dan juga Bawaslu. Posisi yang paling tepat dan peran yang tidak melanggar aturan itu seperti apa, di luar mereka harus cuti saat kampanye,” pungkas dia.

Seperti diketahui, sejumlah kepala daerah menyebutkan akan mendukung Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019. Di antaranya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama wakilnya Uu Ruzhanul Ulum. Kemudian ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan wakilnya Taj Yasin Maimoen.

Ada pula Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Gubernur terpilihnya Khofifah Indar Parawansa. Di luar Jawa ada Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Gubernur Bali Wayan Koster bersama wakilnya Cok Ace, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi, Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.

Selain itu ada Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, serta Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.(tan/jpnn)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!