Kerja dan Nikahi Warga Torut, WNA Asal Malaysia Dideportasi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PALOPO — Lantaran menyalahi izin tinggal, seorng warga negara asing (WNA) terpaksa dideportasi oleh imigrasi Kelas III Palopo. Chea Man Hock yang merupakan warga negara Malaysia itu, mengelabui petugas Imigrasi dengan menyebut jika dirinya sudah menikah dengan perempuan asal Kabupaten Toraja Utara (Torut).

Kasubsi Insarkom dan Wasdakim Imigrasi Kelas III Palopo, Yusran yang ditemui di ruang kerjanya, mengatakan Chea Man Hock telah menyalahi izin tinggal dan akan dideportasi.

“Terhadap warga negara Malaysia ini telah melakukan penyalahgunaan izin tinggal dapat dilakukan tindak administratif keimigrasian dan sanksinya pendeportasian,” ujar Yusran, Rabu, 12 September 2018.
Dijelaskannya, Chea Man Hock selama ini bekerja secara ilegal di Torut.Karena curiga, petugas Imigrasi Palopo, memanggil Chea Man Hock untuk dimintai keterangannya.

Terungkap, selama berada di Indonesia pria keturunan Hongkong itu, menggunakan visa kunjungan, tetapi selama ini bekerja sebagai juru masak disalah satu rumah makan di seputaran Pasar Bolu, Kabupaten Torut.

“Tak hanya itu, kami petugas nyaris dikelabui dengan mengaku, jika telah menikahi seorang wanita asal Torut,” ucap Yusran.

Setelah diwawancarai petugas imigrasi, lanjut Yusran, banyak fakta yang terungkap, yakni yang bersangkutan ketika dimintai bukti pernikahannya dengan warga Torut, dia (Chea Man Hock) ternyata tidak bisa menunjukkan bukti surat-surat lainnya.

“Chea Man Hock kita akan deportasi. Yang bersangkutan bisa kembali ke Indonesia, dengan menggunakan visa ijin tinggal terbatas serta mengurus surat-surat pernikahannya dan mengikuti istrinya menjadi seorang WNI,” jelasnya.

Sementara itu Chea Man Hock, yang sempat ditanya Palopo Pos, dengan logat sedikit ke arah Hongkong dan melayu Malaysia, mengaku jika dirinya sudah menikah sirih dengan warga asal Torut.

“Saya sudah kawin dengan orang Toraja. Istri saya pemilik rumah makan tempat saya menjadi juru masak,” ucap Chea Man Hock, sembari diterjemahkan secara singkat Yusran. (ded/idr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...