Telat Setor Laporan Dana Kampanye, Ini Sanksi yang Diaspakan KPU

Sabtu, 15 September 2018 - 14:58 WIB

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare memberikan warning atau peringatan kepada peserta pemilu 2019 untuk segera menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) paling lambat sebelum tahapan kampanye dimulai.

Penegasan itu dikemukakan Komisioner Divisi Hukum KPU Parepare, Hasruddin dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi dan Pelaporan Dana Kampanye Pemilu di Hotel Bukit Kenari Parepare, Sabtu, (15/9/2018).

“Jika lewat dari 23 September, maka akan dikenai sanksi administrasi. Jika terbukti tidak tepat waktu maka akan didiskualifikasi. Jadi harus tepat waktu, karena semua ada batas penyerahannya,” tegas Hasruddin.

Senada, Komisioner Divisi Tekhnis KPU Parepare, Sudirman menambahkan, jika LADK terlambat diserahkan, maka seluruh calon legislatif (caleg) di dalam Partai Politik (Parpol) itu akan dibatalkan kepesertaannya. Sementara, jika telat menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) juga akan dikenai sanksi berupa tidak ditetapkan sebagai anggota DPR, DPRD, dan DPD sebagai calon terpilih.

“Jika tidak ditetapkan sebagai calon terpilih otomatis kursi menjadi kosong,” paparnya. (MP1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.