7.453 Identitas Ganda Ditemukan di Sulsel, Begini Sikap Gubernur – FAJAR –
Politik

7.453 Identitas Ganda Ditemukan di Sulsel, Begini Sikap Gubernur

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam deklarasi pemilu 2019 damai, di anjungan pantai Losari, Makassar, Minggu (16/9). (Sahrul Ramadhan/JPC)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Temuan 7.453 pemilih ganda dalam daftar pemilih tetap (DPT), menjadi perhatian khusus dari Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah.

Pihaknya pun berjanji akan segera menuntaskan masalah tersebut demi terciptanya proses pemilu yang aman, nyaman, damai dan kondusif khususnya di wilayahnya pemilihan umum (Pemilu) 2019.

“Kita akan sikapi itu. Apa lagi sudah ada alat canggih yang bisa mendeteksi hal-hal seperti itu. Itu harus diselesaikan cepat,” tegas Nurdin, usai deklarasi pemilu 2019 damai di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Minggu (16/9).

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sulsel diminta untuk segera mengambil langkah dalam menyelesaikan DPT ganda. Nurdin kembali menegaskan, tidak hanya permasalahan pemilih ganda, tapi seluruh persoalan yang bisa menjadi faktor penghambat dalam proses pemilu akbar baik pemilu legislatif (Pileg) dan pemilu presiden (Pilpres) 2019 sesegera mungkin dituntaskan.

“Semua yang bisa menjadi kerikil dalam pilpres dan pileg, itu akan kita tuntaskan. Saya sudah perintahkan untuk itu,” terangnya.

Identitas pemilih ganda itu sebelumnya ditemukan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menjelaskan, data tersebut merupakan hasil analisis dan pencermatan Bawaslu atas data yang diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel serta hasil analisis di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

KPU Sulsel telah menetapkan jumlah DPT Pemilu 2019, sabanyak 5.972.161 pemilih. Rinciannya, 2.891.001 laki-laki dan 3.081.160 perempuan. “Ini yang direkomendasikan Bawaslu Sulsel kepada KPU kabupaten/kota untuk dilakukan perbaikan dan verifikasi faktual jika memang dibutuhkan,” kata Saiful kepada awak media sebelumnya.

Saiful menambahkan, data kegandaan DPT pada Pemilu 2019, ditemukan bawaslu setelah melakukan analisis data dengan menggunakan tiga indikator. Pertama, dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK), kemudian nama, tempat, tanggal lahir untuk masing-masing kabupaten/kota di Sulsel.

“Analisis data kegandaan DPT ini masih dalam wilayah kabupaten/kota belum sampai pada analisis data antara kabupaten/kota dan antara provinsi,” pungkasnya. (rul/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!