Berkumpul di Tugu Proklamasi, Ratusan Orang Deklarasi Pilpres 2019 Damai – FAJAR –
Politik

Berkumpul di Tugu Proklamasi, Ratusan Orang Deklarasi Pilpres 2019 Damai

Deklarasi Pilpres Damai di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (16/9). (RMOL)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ratusan orang dari pelbagai latar belakang agama berkumpul dan melakukan deklarasi menciptakan Pemilu 2019 yang aman dan damai, di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (16/9).

Mereka tergabung dalam 20 elemen masyarakat, terdiri dari ormas, komunitas pemuda, dan mahasiswa. Pun mereka menamakan Aliansi Masyarakat Indonesia untuk Pemilu Aman Damai dan Sejuk.

Turut hadir juga dalam acara deklarasi ini, sejumlah perwakilan Ormas Pemuda Pancasila, FKPPI, dan Forkabi di DKI Jakarta.

Para perwakilan Ormas yang hadir kemudian silih berganti menyampaikan testimoninya. Isinya, mereka mengajak agar seluruh masyarakat Indonesia bisa tetap bersatu meski berbeda pilihan politik di Pemilu 2019 nanti.

Usai testimoni, perwakilan dari mereka menerbangkan balon putih sebagai simbol kesucian dan persatuan masyarakat Indonesia dalam menghadapi pesta demokrasi.

“Ada Bapak Imam Pituduh dari PBNU, Romo Siswantoko KWI, Pandita Yanto Jaya dari PHDI, Suhadi Sanjaya dari Walubi NSI, Muhammad Zaki dari BEM UNU, Pak Nurdin mewakili KPU Jakarta, Samuel Hutagaluh dari PGI, Ibu Pu yin dari Matakin, LIRA dan sejumlah perwakilan siswa dari sekolah-sekolah di Jakarta,” ujar Koordinator Aliansi, Husni Mubarok dalam sambutannya di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (16/9).

Lebih lanjut, Husni mengatakan, dalam deklarasi ini diserukan salah satu langkah awal yang bakal dilakukan adalah menangkal berita hoaks yang berpotensi memecah belah bangsa.

“Gerakan moral, pesan kebangsaan, karena sekarang tersebar berita-berita hoaks yang tidak baik. Kita akan menyuarakan mendeklarasikan pemilu nanti yang menjadi bagian demokrasi kita, kita seruan moral kita harus lewati pemilu dengan suasana yg aman damai dan penuh kesejukan,” demikian Husni. [jto]

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!