Hadehh.. Kok Masih Ada Warga yang Bakar Lahan – FAJAR –
Daerah

Hadehh.. Kok Masih Ada Warga yang Bakar Lahan

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, TALISAYAN – Kebakaran lahan kembali terjadi di Pesisir Selatan Berau, tepatnya di jalan poros Kampung Sumber Agung, Kecamatan Batu Putih, menuju Kampung Campur Sari, Kecamatan Talisayan kemarin (14/9).

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut, namun diduga dilakukan oknum petani untuk membuka lahan. Berdasarkan pantauan Berau Post, api sudah menyebar ke lahan seluas kurang lebih satu hektare sekitar pukul 18.30 Wita.

Hal itu pun menjadi tonton bagi warga yang melintas. Hal itu membuat khawatir salah seorang warga, Jamal, karena api yang besar berpotensi membuat kawasan yang terbakar semakin meluas.

“Tidak tahu kebun siapa. Kita khawatir merusak kebun lain di sekitarnya. Apalagi apinya juga besar dan cepat meluas,” ungkapnya.

Diakuinya, melakukan pembakaran menjadi salah satu hal yang paling mudah untuk membuka lahan, tapi dirinya berharap warga yang membakar bisa mengontrolnya agar api tidak meluas, apalagi saat ini masih memasuki musim kemarau.

“Harusnya dijaga lah, apalagi ini lagi kemarau, air susah. Kita takut apinya tidak terkendali,” terangnya.

Hal senada juga diutarakan warga lainnya, Komaruddin. Dia berharap bagi masyarakat yang hendak membuka lahan dengan membakarnya dapat mengawasinya untuk mencegah api menyebar dengan luas dan merugikan warga lain.

“Demi keamanan bersama, baiknya dijaga atau disekat. Jangan dibakar langsung ditinggal begitu aja,” tandasnya. (*/sht/sam)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!