Mau Tahu Hewan Paling Mematikan di Dunia, Berikut Urutannya – FAJAR –
Ragam

Mau Tahu Hewan Paling Mematikan di Dunia, Berikut Urutannya

Ilustrasi ular berbisa tercatat satu dari lima hewan paling mematikan (Dok.BBC)

FAJAR.CO.ID – Bagi kebanyakan orang hewan paling berbahaya adalah hiu, harimau, ataupun reptil lainnya seperti buaya. Namun ternyata hewan-hewan kecil bisa lebih mematikan dibandingkan dengan ketiga hewan di atas.

Melansir BBC akan merunut lima hewan apa saja yang dapat disebut sebagai hewan paling mematikan di dunia.

  1. Nyamuk

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekitar 725 ribu orang tewas setiap tahunnya karena penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Malaria bahkan hingga kini telah menjangkit 200 juta orang di dunia dan 600 ribu lainnya meninggal dunia karena serangan malaria. Selain malaria, nyamuk juga membawa penyakit lainnya seperti demam berdarah, demam kuning dan ensefalitis.

  1. Ular

Sebanyak 500 ribu orang diperkirakan meninggal dunia karena serangan ular setiap tahunnya. Taipan Pedalaman adalah ular paling berbisa di dunia. Racunnya sangat kuat dan dapat membunuh manusia hanya dalam waktu kurang dari 45 menit sudah ada lebih dari 85 persen dari korban yang meninggal setelah digigit oleh ular Taipan.

Taipan Pedalaman biasa ditemui di Australia tengah sedangkan ular-ular berbisa lainnya dapat ditemui di Pakistan, India, Sri Lanka dan Timur Tengah serta Afrika.

  1. Anjing

Seringkali disebut sebagai sahabat terbaik manusia, namun anjing rabies bertanggung jawab atas kematian sekitar 25 ribu orang setiap tahunnya. Menurut WHO, ada beberapa negara yang terdampat anjing dengan 99 persen virus rabies di antaranya adalah India. Di India 20 ribu dari sekitar 55 ribu kematian di sebabkan ketika anak-anak bersentuhan dengan anjing yang terinfeksi rabies.

  1. Buaya

Buaya ternyata masuk hitungan hewan mematikan. Mangsa buaya tidak selalu manusia karena mereka adalah pembunuh oportunistik. Di Afrika, tercatat ratusan serangan buaya terhadap manusia setiap tahunnya dan setengahnya berakibat fatal.

Di seluruh dunia, buaya diperkirakan membunuh sekitar 1.000 manusia per tahun, yang berarti jumlahnya lebih banyak daripada hiu. Serangan buaya alam liar kebanyakan terjadi di Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Pihak berwenang negara bagian bahkan mengatakan bagwa di negara bagian Florida, AS, 22 orang telah dibunuh oleh serangan buaya sejak 1948.

  1. Kudanil

Hewan besar yang hobi berendam di air lumpur ini ternyata masuk daftar hewan paling mematikan di dunia versi BBC, tercatat sekitar 500 orang meninggal di Afrika akibat serangan kudanil. Kudanil merupakan makhluk mamalia agresif yang memiliki gigi sangat tajam.

Bobot kudanil yang mencapai 2.750 kilogram bahkan dapat membuat seseorang meninggal dunia jika tertimpa di bawahnya. (trz/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!