Gempa di Sulteng, Kodam Hasanuddin Kirim Bantuan Untuk Evakuasi Korban

Sabtu, 29 September 2018 - 12:26 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebanyak 20 kendaraan truk dikirim Kodam XIV/Hasanuddin ke lokasi bencana gempa bumi di daerah Donggala dan Palu Sulawesi Tengah. Pemberangkatan dilakukan Sabtu dini hari (29/9/18) di Markas Detasemen Jasa Angkutan Bekangdam XIV/Hasanuddin Jalan Rajawali Makassar.

Kepala Penerangan Kodam XIV//Hasanuddin, Kolonel Infanteri Alamsyah mengatakan kendaraan tersebut berangkat dari Makassar menuju lokasi gempa melalui jalur darat, yang sebelumnya akan singgah di Bandara Kabupaten Mamuju untuk mengangkut personel bantuan dari Kostrad yang datang dari Pulau Jawa.

“Selain 20 kendaraan, Kodam XIV/Hasanuddin juga telah mengirimkan sebanyak 31 personel yang membawa alat peralatan untuk mendukung proses evakuasi dan kebutuhan dalam pengungsian korban gempa, berupa tenda lapangan, kompor lapangan, genset, velbed dan kebutuhan lainnya,”kata Alamsyah.

Untuk diketahui, gempa magnitude berkekuatan 7,4 skala richter mengguncang Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 kemarin sore.

Gempa susulan kembali terjadi pada hari ini 29 September 2018, gempa susulan  berkekuatan 5,4 skala richter kembali mengguncang beberapa daerah, sekira pukul 09.32 WIB, yang terjadi sebanyak 90 kali dalam skala dibawah 5 SR.

Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Donggala tercatat 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak. Korban tertimpa oleh bangunan yang roboh. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.