Ngeri, Gempa di Sulteng Terjadi Hingga 90 Kali

Sabtu, 29 September 2018 - 12:14 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter mengguncang Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 kemarin sore.

Hingga pada hari ini 29 September 2018, gempa susulan berkekuatan 5,4 skala richter kembali mengguncang beberapa daerah, sekira pukul 09.32 WIB.

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Wilayah 4 BMKG Makassar, Siswanto Ara mengatakan gempa susulan terjadi sebanyak 90 kali pada wilayah Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

“Gempa susulan terjadi sebanyak 90 kali pada wilayah Kabupaten Donggala dan Palu, juga di wilayah Mamuju, Sulawesi Barat. Tapi skalanya dibawah 5 skala richter,”kata Siswanto saat dihubungi.

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan BPBD. Dan tetap waspada terhadap gempa susulan yang umumnya kekuatannya semakin kecil.

Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Donggala tercatat 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak. Korban tertimpa oleh bangunan yang roboh.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Donggala VII-VIII MMI, Palu, Mapaga VI-VII MMI, Gorontalo dan Poso III-IV MMI, Majene dan Soroako III MMI, Kendari, Kolaka, Konawe Utara, Bone, Sengkang, Kaltim dan Kaltara II – III MMI, Makassar, Gowa, dan Toraja II MMI.
(sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.