Gempa Sulteng, Kodam Hasanuddin Salurkan 6 Truk Bantuan Logistik

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kodam XIV/Hasanuddin memberangkatkan sebanyak 6 truk bantuan logistik untuk korban gempa di Palu dan Donggala. Enam truk tersebut berisi makanan, minuman, pakaian layak pakai, dan barang-barang lain yang sangat dibutuhkan.

Pangdam Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi mengatakan bantuan logistik datang dari berbagai sumber, mulai dari masyarakat, dan rekan-rekan prajurit.
Ini banyak sekali sumbangan dari masyarakat Makassar yang lewat depan Makodam, dan juga rekan rekan prajurit. Ini sangat kami banggakan terutama masyarakat kepeduliannya terhadap korban gempa,”kata Surawahadi kepada awak media, Selasa (2/10/18).

Menurutnya, antusias warga terhadap korban gempa terus mengalir. Terbukti sejak dibukanya posko bantuan tersebut, bantuan tersebut terus berdatangan. Maka dari itu, untuk bantuan yang sifatnya berat akan disalurkan melalui jalur darat, sedangkan bantuan yang sifatnya ringan akan disalurkan melalui jalur udara.

“Ini akan terus mengalir, kita kan kirim melalui Hercules karena juga digunakan untuk evakuasi, dan bantuan ini mudah-mudahan akan terus bertambah,”lanjutnya.

Selain itu, ia juga menurunkan satu kompi pasukan untuk pengamanan di jalur darat, khususnya daerah Pasang Kayu yang kemarin terjadi penjarahan terhadap penyaluran bantuan logistik.

“Kemarin saya sudah turunkan satu kompi dari satuan 721, termasuk satuan khusus saya. Kita yakini jalur Pasang Kayu aman. Kita juga sudah koordinasi dengan Kapolda Sulbar untuk sama-sama mengamankan jalur tersebut,”pungkasnya.

Surawahadi menjelaskan, untuk saat ini perosnil yang diturunkan untuk proses evakuasi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala berjumlah 400 personil, dan itu akan tersimpan bertambah. Sementara dari Kostrad sendiri sudah mencapai 1000 personil. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar