Eksepsi Ditolak JPU, Ini Tanggapan Kuasa Hukum Bos Abu Tours

Rabu, 3 Oktober 2018 19:23

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Eksepsi atau nota keberatan terdakwa Bos Abu Tours Hamzah Mamba ditolak Jaksa Penuntut Umum (JPU).Penolakan itu dibacakan tiga orang JPU dalam sidang kasus dugaan penipuan, penggelapan dan pencucian uang di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Rabu (3/10/2018).
Eflin Rotua Sinaga selaku kuasa hukum Hamzah Mamba mengatakan, seharusnya JPU menerima eksepsi dari kliennya. Menurut Eflin, kasus Abu Tours merupakan perkara perdata karena berangkat dari perjanjian yang dimulai transaksi jual beli.
“Kalau pada prinsipnya sih kita tetap pada nota keberatan kemarin, karena kami berfikir ini ranah perdata,” kata Eflin.
Menurut Eflin, Hamzah Mamba masih memiliki etikad baik untuk memberangkatkan jamaahnya yang terlantar. Namun, kliennya terlanjur ditetapkan sebagai terdakwa dalam kasus dugaan penipuan, penggelapan dan pencucian uang.
“Kalau niat pasti ada, tapi apa daya beliau (Hamzah Mamba) sudah terlanjur ditahan,” ungkap Eflin.
Untuk langkah selanjutnya, kata Eflin, pihaknya tetap mengikuti proses persidangan sebagai mana mestinya.
“Kalau tidak terima kita ikuti pokok perkara lanjut ke pembukti. Tapi kalau jamaah yang dihadirkan jamaah yang berangkat 2019, kami mungkin akan keberatan karena belum waktunya gitu loh,” tukas Eflin.
Diberitakan sebelumnya, Tabrani salah seorang JPU dengan tegas mengatakan jika kasus Abu Tours bukan kasus perdata melainkan masuk ke dalam ranah pidana.

Komentar


VIDEO TERKINI