8 Manfaat Sehat di Balik Si Kuning Belimbing, Termasuk Cegah Kanker – FAJAR –
Kesehatan

8 Manfaat Sehat di Balik Si Kuning Belimbing, Termasuk Cegah Kanker

Belimbing memiliki delapan manfaat sehat. (Organic Facts)

FAJAR.CO.ID – Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang digemari masyarakat karena mengandung banyak air dan manis. Buahnya berwarna kekuningan, bisa langsung dimakan bersamaan dengan kulitnya.

Dilansir dari Boldsky, Senin (8/10), nilai gizi buah belimbing per 100 gram mengandung 34,4 miligram vitamin C, 1 gram protein, 133 miligram potasium, 10 miligram magnesium, 2 miligram natrium, 61 IU vitamin A, 3 miligram kalsium, dan 0,1 mg zat besi. Belimbing juga mengandung serat, 7 gram karbohidrat, dan sekitar 31 kalori. Belimbing mengandung sejumlah besar antioksidan seperti senyawa polifenol, asam galat, quercetin, dan epikatekin.

Dengan kandungan yang ada tersebut, belimbing juga punya delapan khasiat lainnya untuk kesehatan. Di antaranya:

Mencegah Kanker

Para peneliti telah menemukan bukti belimbing adalah buah antikanker. Belimbing mengandung senyawa polifenol yang mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas dan menghilangkannya dari tubuh. Sehingga dapat mencegah kanker hati. Selain itu, si bintang ini juga membersihkan usus besar, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah belimbing membuatnya sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan batuk, demam, bisul, dan sakit tenggorokan secara efektif. Tambahkan dalam smoothie untuk sarapan pagi akan memperbaiki sistem kekebalan dan meningkatkan produksi sel darah putih.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Belimbing memiliki jumlah potasium dan natrium yang baik. Sehingga membantu dalam menjaga tekanan darah. Tingkat tekanan darah normal sangat penting untuk menjaga jantung. Sehingga detak jantung teratur dan aliran darah lebih sehat.

Turunkan Berat Badan

Mengonsumsi buah belimbing karena hanya mengandung 31 kalori dan memiliki serat yang kaya akan membuat perut kenyang. Buah belimbing mempercepat metabolisme yang membantu mengurangi berat badan ekstra.

Memperbaiki Pencernaan

Serat sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Hal itu merangsang pergerakan feses melalui saluran pencernaan dengan mengurangi sembelit, kram, diare dan kembung.

Menyembuhkan Masalah Kulit

Belimbing memiliki sifat antimikroba dan sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim. Eksim disebabkan oleh fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering dan bakteri pada kulit.

Ramah Diabetes

Kehadiran serat dalam belimbing memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Bisa mengontrol kadar insulin dalam tubuh dan cocok bagi penderita diabetes.

Membuat Rambut Lebih Sehat

Belimbing memiliki banyak antioksidan seperti senyawa polifenol, asam galat, dan quercetin yang membantu mengatasi efek stres oksidatif dan menghentikan kerusakan rambut oleh radikal bebas. Konsumsi belimbing akan membalikkan proses penuaan dan itu juga akan memperbaiki pertumbuhan rambut.

(ika/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!