Atlet Judo Indonesia Kena Diskualifikasi, Menpora Minta IJF Kaji Ulang Larangan Berhijab – FAJAR –
Olahraga

Atlet Judo Indonesia Kena Diskualifikasi, Menpora Minta IJF Kaji Ulang Larangan Berhijab

Menpora Imam Nahrawi dan Miftahul Jannah.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi angkat bicara terkait diskualifikasi terhadap Judoka Miftahul Jannah. Menpora minta IJF (Federasi Internasional Judo) mengkaji ulang tentang larangan hijab bagi atlet judo diubah.

“Saya juga kecewa regulasi belum diubah. Besok harus ada terobosan. Hijab kalau ada yang membahayakan, maka cari model hijab yang lebih aman bagi atlet judo,” kata Imam kepada wartawan di Media Centre, Jakarta, Selasa (9/10).

Menurut dia, ada pelajaran penting yang bisa diambil oleh IJF dalam kasus ini. Cabang olahraga lain sudah banyak yang memperbolehkan atlet Asian Para Games untuk berhijab. “Kalau cabang olahraga lain ada semua, tinggal momen ini jadi pelajaran penting. Di balik keputusan Miftah yang kuat dengan prinsipnya, ada pelajaran untuk regulasi federasi,” jelasnya.

Indonesia sudah mengizinkan atlet judo berhijab dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas). Imam yakin negara lain setuju dengan diubahnya peraturan larangan hijab tersebut. “Ke depan bagaimana ada terobosan agar atlet muslimah, pasti banyak negara lain yang inginkan hal serupa. Miftah jadi penggerak kita semua agar regulasi federasi judo internasional itu diubah,” paparnya.

Sebelumnya, Miftahul bertanding di JIEXPO Kemayoran, di nomor 52 kg kategori low vision, Senin (8/10) kemarin. Miftahul harus menghadapi judoka Mongolia, Oyun Gantulga. Sebelum memasuki gelanggang berupa matras, Miftahul, yang turun di blind judo, diminta untuk melepas hijab. Tapi, dia menolak. Kemudian, dia didiskualifikasi.

Penanggung jawab pertandingan judo Asian Para Games 2018, Ahmad Bahar, menyatakan ada aturan pertandingan judo tidak diperbolehkan memakai hijab saat masuk matras. Aturan itu sudah disosialisasikan saat technical meeting yang berlangsung, Minggu (7/10). (bam/ind)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!