Imbas Gempa Sulteng, Tiga Negara Mundur dari Festival F8 Makassar – FAJAR –
Makassar

Imbas Gempa Sulteng, Tiga Negara Mundur dari Festival F8 Makassar

Persiapan pembukaan Makassar International Eight Festival (F8) di Jalan Hertasing, Makassar, Selasa (9/10). (Sahrul Ramadan)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Tiga negara mengundurkan diri dari Makassar International Eight Festival (F8) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Ketiga negara yang menolak terlibat yakni, Meksiko, Polandia dan Korea Selatan (Korsel).

Mereka awalnya masuk ke dalam list 18 negara yang diundang Pemkot Makassar. Namun Meksiko, Polandia, dan Korea Selatan akhirnya memutuskan tidak berpartisipasi.

Pengunduran diri itu disebut-sebut karena kekhawatirkan akan dampak bencana alam gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng). “Karena berita yang ada (gempa dan tsunami, Red) itu, makanya mereka mengundurkan diri. Padahal kan lempengannya lain,” jelas Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar Rusmayani, Selasa (9/10).

Secara terpisah, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dispar Makassar Amalia Malik mengungkapkan, ada faktor lain yang menjadi alasan ketiga negara itu batal menghadiri F8. Selain karena takut gempa, mereka ada agenda lain. ”Diutus negaranya untuk menghadiri agenda IMF itu di Bali,” ungkap Amalia.

Kendati begitu, progres pemerintah untuk menyukseskan pelaksanaan F8 itu tetap berjalan baik. “Tinggal persiapan-persiapan kecil saja, karena tamu-tamu sudah ada yang datang. Jadi tinggal pembukaan nanti,” tambahnya.

Festival tahunan itu akan berlangsung mulai Rabu (10/10) hingga Minggu mendatang (14/10). Festival akan digelar di anjungan Pantai Losari kota Makassar.

F8 bertujuan untuk memperkenalkan budaya-budaya Sulawesi Selatan (Sulsel). Festival ini akan menampilkan 8 sajian utama yang secara menyeluruh berawal dari huruf F. Mulai dari fashion, film, food & fruit, folk, flora & fauna, fine arts, fusion music, fiction writers and font, yang kemudian disingkat (F8). Di sela-sela F8 selama 4 hari penuh itu, pemkot menggalang dana bagi korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). (rul/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!