Menengok Prestasi Galanita FC dan JNR FC, Tim Sepak Bola Wanita di Salatiga – FAJAR –
Bola

Menengok Prestasi Galanita FC dan JNR FC, Tim Sepak Bola Wanita di Salatiga

FAJAR.CO.ID, SALATIGA – Mendengar klub sepak bola wanita, mungkin masih asing di telinga sebagian pecinta sepakbola. Namun, hal ini ada dan satu-satunya di Kota Salatiga, yaitu Galanita FC (sepakbola lapangan besar) dan JNR FC (futsal).

Sebanyak 42 wanita menjadi anggota klub milik Sartiman, sekaligus menjadi pelatihnya. Para pemain itu terdiri dari pelajar SMA/SMK, mahasiswa hingga pekerja yang berusia antara 16 tahun hingga 21 tahun, dan semuanya masih lajang.

Sartiman, yang mulai bergelut di sepak bola sejak masih muda atau bujangan tahun 1980 silam, ternyata kecintaannya itu berlanjut hingga sekarang.

Bahkan, dengan kecintaannya pada sepakbola itulah, bapak tiga anak ini memberanikan diri mendirikan klub sepak bola wanita sejak tahun 2015, yaitu Galanita FC. Seiring perkembangan, didirikan pula tim futsal wanita JNR FC.

“Homebase Galanita FC dan JNR FC, sampai sekarang berada di rumah saya di Jalan Nakulo Sadewo RT 02 RW 03 Kembangarum, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga,” kata Sartiman ketika ditemui di tempat kerjanya di kantor Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kota Salatiga, Senin (8/10).

Untuk mengurus segalanya, dirinya mengeluarkan biaya dari dana pribadinya maupun keluarga. Kerja kerasnya untuk memiliki klub sepak bola wanita ini, ternyata berhasil hingga sekarang ini.

Menurutnya, mendirikan klub sepak bola wanita ini bukanlah hal yang mudah. Karena, tanpa sponsor dari manapun, akhirnya dapat mencukupi kebutuhan klub.

Meski telah berhasil menjuarai turnamen sepakbola wanita dan membawa nama Kota Salatiga, namun perhatian dan kepedulian dari Pemerintah Kota Salatiga ataupun KONI Salatiga sama sekali tidak ada.

“Pernah beberapa waktu lalu, mengajukan permohonan bantuan dana ke KONI dan Pemerintah Kota Salatiga, namun sama sekali tidak ada respon. Dari sini, akhirnya hingga sekarang tidak pernah lagi merengek-rengek meminta bantuan dana,” ujarnya.

Namun, dirinya beruntung masih ada yang peduli terhadap jerih payahnya ini, yaitu Ketua Pengcab PSSI Kota Salatiga, HM Fathur Rahman. Pihaknya berkali-kali memberikan bantuan dana, meski hanya sebagai uang transport.

Diceritakan pula, untuk memenuhi kebutuhan segala sesuatunya bagi pemain maupun klub, seluruhnya dirogoh dari dana pribadi, keluarga maupun iuran dari anggota tim.

Untuk latihan, dilakukan di Lapangan Kembangarum, Dukuh, Salatiga setiap hari Rabu sore dan Stadion Kridanggo Salatiga pada hari Minggu pagi dan Kamis sore.

Sejak berdiri tahun 2015 lalu, hingga kini klub binaannya itu telah berhasil meraih penghargaan baik tingkat Kabupaten/Kota maupun Provinsi Jawa Tengah hingga nasional.

Diantaranya Galanita FC menjadi juara I turnamen sepak bola wanita se Jateng di Jepara, juara II se Jateng di Sekolah Internasional Salatiga, serta Juara I Kartini Cup di Kabupaten Semarang.

Sedangkan untuk tim futsal JNR FC, terakhir memboyong trophy Juara III se Jateng/DIY.

Sartiman, yang merupakan pemilik sekaligus pelatih Galanita FC dan NR FC, kini juga menjadi pelatih sepakbola di Salatiga pada klub Garuda FC, AMA FC, PTP FC dan Komapo FC (kedua klub terakhir itu berisi pemain dari Papua). (sen)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!