Bendungan Passeloreng Tahan Gempa hingga 8 Skala Richter – FAJAR –
Sulsel

Bendungan Passeloreng Tahan Gempa hingga 8 Skala Richter

ist

FAJAR.CO.ID, WAJO — Bangun anti gempa kini mulai dikembangkan di Indonesia, terutama infrastruktur fital seperti bendungan. Salah satunya Bendungan Passeloreng yang di Desa Arajang Kabupaten Wajo.

Bendunga yang dapat mengairi irigasi seluas 7.000 ha dan air baku 305 liter/detik itu dirancang tahan gempa. Bahkan, gempa berkekuatan 8 skala richter (SR) tidak akan merobohkan bendungan dengan daya tampung sebesar 138 juta m3 itu.

“Bendungan Passeloreng didesain dengan sangat hati-hati dan lama, karena memang dipersiapkan untuk tahan gempa. Gempa 8 skala richter pun masih bisa tahan karena memang dirancang dengan teliti,”ungkap Konsultan Bendungan Passeloreng Hamzah dalam acara Deseminasi Rencana Tindak Darurat ( RTD ) Bendungan Passeloren di Ruang Rapat Bupati, 10 Oktober 2018.

Dalam rilis yang dikirim Humas dan Protokoler Setda Wajo, Hamzah menjelaskan, tingkat keamanan Bendungan Passeloreng sangat tinggi, utamanya keamanan ditubuh bendungan.

“Dalam tahap pembangunan bendungan dibuatkan rencana tindak darurat bila seumpama terjadi sesuatu. Maka antisipasinya berupa kondisi abnormal kemudian status waspada dan selanjutnya status siaga dan yg paling akhir adalah status awas,”jelas Hamzah.

Acara Deseminasi Rencana Tindak Darurat ( RTD ) Bendungan Passeloren dipandu Sekda Wajo, H. Amiruddin A dan dihadiri anggota DPRD Wajo, Sudirman Meru, Kepala OPD, dan Kapolsek Gilireng, AKP Sutarno.(one)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!