Bupati Gowa Ajak Masyarakat Donor Darah untuk Korban Sulteng – FAJAR –
Sulsel

Bupati Gowa Ajak Masyarakat Donor Darah untuk Korban Sulteng

FAJAR.CO.ID, GOWA – Upaya membantu para korban gempa tsunami di Sulteng, terus dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa.

Usai mengirim bantuan logistik berupa bahan makanan, pakaian dan perlengkapan bayi serta lainnya, kini Pemkab Gowa juga menyumbang dalam bentuk lain yakni darah.

Bertempat di Baruga Tinggimae Rujab Bupati Gowa, Rabu (10/10) Pemkab Gowa melakukan donor darah. Kegiatan ini diprakarsai Brigade DDS PMI Gowa bekerjasama UTD Sulsel dan PMI Sulsel.

Akan kegiatan ini, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berdonor.

“Kalau belum sempat siang tadi, agenda donor darah masih akan dilakukan berikutnya di bulan ini. Karena itu yang mau donor silakan ikut nanti,” ajak Adnan.

Dikatakan Adnan, bencana yang menimpa Palu, Donggala dan sekitarnya merupakan ujian berat namun harus diterima dengan ikhlas.

“Mereka yang jadi korban sangat membutuhkan uluran tangan dari kita, mereka tidak melihat berapa besar jumlahnya karena setetes darah kita itu sangat berarti,” ucap Bupati Gowa.

Sebelumnya, Pemkab Gowa telah mengirimkan beberapa bantuan berupa makanan jadi, bahan makanan, pakaian, alat mandi, dan lainnya ke Sulawesi Tengah melalui jalur darat dan laut dengan dua tahap.

Terpisah, Hasanuddin Kamal selaku pengurus PMI Sulsel yang juga Dirut PDAM Gowa kepada Beritakota Makassar (Fajar Grup) saat dikonfirmasi Rabu pukul 19.00 Wita mengatakan dari agenda donor hari ini sebanyak 136 kantong darah berhasil dikumpulkan.

“Sebenarnya kita target hingga 200-an kantong darah hanya saja dari sekian peserta donor banyak yang tidak memenuhi syarat untuk mendonor berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis dari UTD Sulsel.

Beberapa hal kendala yang membuat banyak peserta urung mendonor adalah karena memiliki tekanan darah rendah, ada yang hemoglobin rendah, ada juga yang melampaui batas normal (tekanan tinggi) dan karena hal lainnya.

“Makanya kami hanya mengumpulkan 136 kantong darah yang akan disumbangkan ke Palu dan Donggala serta untuk kebutuhan bank darah RSUD Syekh Yusuf Gowa,” jelas Hasanuddin Kamal.

Sementara itu dr Gaffar selaku Ketua Brigade Donor Darah Sukarela Palang Merah Indonesia (DDS PMI) Gowa mengatakan, giat dobor darah yang digelar tersebut masih rangkaian giat Brigade DDS PMI Gowa.

“Iya ini rangkaian seri ke empat setelah kita lakukan di kantor Kemenag Gowa, Planet Bechkam, kawasan car free day dan sekarang di rujab bupati. Dan rencananya kami masih buka untuk tahap ke lima nanti pada 28 Oktober bekerjasama Ormas Muhammadiyah Gowa,” kata dr Gaffar.

Dari pelaksanaan donor darah siang tadi, pendonor yang ikut sebanyak 229 orang dari jajaran ASN Pemkab Gpwa, anggota Forkopimda, pimpinan SKPD, anggota IMA Chapter Gowa, Karang Taruna, anggota Brigade DDS PMI Gowa serta kalangan Pemuda Muhammadiyah. (saribulan/bkm)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!