Pasien Korban Gempa Sulteng di Parepare Bertambah Jadi 45 Orang – FAJAR –
Sulsel

Pasien Korban Gempa Sulteng di Parepare Bertambah Jadi 45 Orang

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Hingga saat ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare sudah menangani 49 orang pasien asal daerah bencana gempa bumi dan tsunami, Palu, Sigi, dan Donggala.

“Jumlah pasien asal Palu dan sekitarnya sudah 49 orang perhari ini (Selasa, 9 Oktober 2018, red),” ungkap Kasubid Humas RSU Andi Makkasau, Hj Farida, Selasa, 9 Oktober 2018.

Dia menekankan, RSUD Andi Makkasau terbuka dan siap menerima pasien korban bencana alam Sulteng.

Pasien asal Sulteng yang dirawat saat ini kata dia, sebagian adalah rujukan dari RS Mamuju dan RSUD Palu, sebagian lagi datang sendiri dan diantar keluarga.

“Kami terbuka dan siap melayani pasien asal Palu dan sekitarnya. Sebagian yang kami layani ini punya kartu BPJS, namun patokan pelayanan kami adalah penanganan korban bencana sesuai Peraturan Menteri Kesehatan,” papar Farida.

Penanganan korban bencana kata dia, diatur dalam Kepmenkes RI nomor 1653 tahun 2005 tentang pedoman penanganan bencana bidang kesehatan.

Plt Direktur RSU Andi Makkasau, dr Renny Anggraeni Sari mengatakan, pasien tetap dilayani gratis meski tidak diakomodir dalam BPJS Kesehatan.

“BPJS tidak membiayai pasien yang merupakan korban bencana, tapi karena ini urusan kemanusiaan kami layani dulu, biayanya nanti kami carikan solusi,” tandas dr Renny. (*)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!