Pelapor Korupsi Dapat Rp200 Juta, Ketua KPK: Pemerintah Enggak Perlu Repot-Repot – FAJAR –
Hukum

Pelapor Korupsi Dapat Rp200 Juta, Ketua KPK: Pemerintah Enggak Perlu Repot-Repot

Ketua KPK Agus Rahardjo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo ikut berkomentar mengenai langkah Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) yang menyatakan pelapor korupsi bisa mandapatkan uang senilai Rp 200 juta.

Agus menuturkan seharusnya pemerintah tidak perlu bersusah payah untuk mengalokasikan dana untuk pemberian hadiah itu.

“Pemerintah enggak perlu repot. Hingga harus mengalokasikan dana khusus, karena nanti akan dipotong langsung setelah amar putusan pengadilan,” Ujar Pemimpin KPK ini di di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/10).

Sebelumnya, KPK sendiri telah menyiapkan peraturan pemberian hadiah untuk pelapor yang dua peraturan sebelumnya tidak ada nomimal maksimal.

Agus mengatakan, pemberian hadiah untuk pelapor akan lebih menarik apabila mendapatkan 1 persen sehingga harapannya bisa mendorong masyarat untuk mau melaporkan tindak pidana korupsi.

“Kalau hadiahnya satu persen kan menarik. Jadi harapannya bisa mendorong warga untuk mau melapor, karena ada hadianya,” Jelas Agus.

Pimpinan KPK ini akan mencoba untuk mengkomunikasikan  mengenai PP ini kepada presiden Jokowi apabila masih bisa dilakukan perubahan untuk pemberian hadiah terhadap pelapor.

Perlu diketahui, Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 2018. Dalam PP tersebut menjelaskan pelapor atau masyarakat yang memberikan informasi kepada penegak hukum mengenai dugaan korupsi akan mendapatkan penghargaan dalam bentuk piagam dan premi. Besarannya maksimal Rp 200 juta. (am2/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!