Polres Polman Tetapkan Empat Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Koperasi – FAJAR –
Sulbar

Polres Polman Tetapkan Empat Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Koperasi

AKP NIKI RAMDHANY

FAJAR.CO.ID, POLMAN — Satreskrim Polres Polman melalui Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Polman menetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyalagunaan dana bergulir bantuan koperasi tahun 2013 senilai Rp6 miliar.

Mereka yang tersangka yakni Muhammad Aldrin, Rusdi Lantong, Busman Sania dan Baso Tahir (DPO). Kasat Reskrim Polres Polman, AKP Niki Ramdhany, saat menggelar jumpa pers di salah satu kafe di Polman, Rabu 10 Oktober mengatakan, keempat tersangka diduga menyalahgunakan dana bergulir koperasi bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Berdasarkan hasil audit yang dilakukan inspektorat dan beberapa lembaga lainnya, ditemukan adanya kerugian sekira Rp6 miliar,” katanya.

Niki mengatakan, setelah pihaknya melakukan lidik, ditemukan bukti untuk dilanjutkan pada tahap selanjutnya. “Kami sudah tingkatkan ke penyidikan,” ujarnya.

Sementara keberadaan Baso Tahir, menurut Niki, dari informasi yang dihimpun, berada di Papua Barat. Dikatakan, tersangka adalah pengurus koperasi, yaitu Ketua KSP Metro, Ketua KSP Sulbar, Sekretaris KSP Metro Makassar, dan Sekretaris KSP Sulbar.

“Ada dua koperasi, koperasi pertama yakni Koperasi Metro yang berpusat di Makassar bekerja sama dengan KSP Sulbar yang ada di Polman,” ungkap AKP Niki Ramdhany.

Menurutnya, hasil investigasi penyidik terkait mekanisme pencairan yang dikeluarkan, tidak sesuai dengan ketentuan alias tidak melalui RAT.“Saat ini tersangka belum dilakukan penahanan,” ujarnya. (win/lim)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!