Membanggakan, Songkok Recca Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia – FAJAR –
Sulsel

Membanggakan, Songkok Recca Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Para pejabat pemkab Bone mengenakan songkok recca. (IMAM RAHMANTO/ FAJAR)
FAJAR.CO.ID, BONE — Songkok Recca resmi menjadi warisan budaya tak benda Indonesia dari Kabupaten Bone, Sulsel. Itu melengkapi koleksi budaya lainnya, yakni Sirawu Sulo atau Sirempek Api.
Penetapan itu berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari keikutsertaan Indonesia yang telah menandatangani konvensi UNESCO.
Kepala Dinas Kebudayaan Bone, Andi Promal Pawi mengungkapkan, warisan-warisan budaya tak benda itu mendapat sertifikat langsung dari Kemdikbud RI. Sebelumnya, Kabupaten Bone mengusulkan tiga warisan budaya tak benda, yakni Songkok Recca, Sirawu Sulo, dan Mattompang Arajang.
“Baru diakui sebagai warisan budaya tak benda Indonesia. Tapi mudah-mudahan ke depan bisa menjadi budaya tak benda dunia oleh UNESCO,” papar Andi Promal, Kamis, 11 Oktober 2018.
Ia menjelaskan, Songkok Recca tergolong sebagai ranah karya budaya kemahiran kerajinan tradisional. Hadirnya sertifikat dari kementerian semakin mengukuhkan posisinya sebagai budaya asli dari Bumi Arung Palakka.
Selain Bone, beberapa kabupaten lain juga menyumbang warisan budaya tak benda Indonesia. Sebut saja Luwu Utara dengan kuliner khasnya, kapurung. (mam)
Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!