Bobol ATM Rp 22,5 Juta, 1 Orang Ditangkap dan 2 Lainnya Kabur, Begini Modusnya – FAJAR –
Kriminal

Bobol ATM Rp 22,5 Juta, 1 Orang Ditangkap dan 2 Lainnya Kabur, Begini Modusnya

Petugas memperlihatkan barang bukti. Satu orang pelaku pembobol ATM di Jakarta Barat ditangkap polisi, dua lainnya kabur. (Dok. Polsek Kebon Jeruk)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setelah aksinya diketahui warga, pelaku pembobol ATM di kawasan Kampung Baru, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, diringkus polisi. Pelaku diketahui berinisial ZN, 25.

Kapolsek Kebon Jeruk Polres Metro Jakarta Barat Kompol M Marbun mengatakan, penangkapan berawal dari adanya saksi yang melihat pelaku melancarkan aksinya. Saat itu, ada tiga orang pelaku di dalam ruang ATM. Pelaku berhasil menggondol Rp 22,5 juta dari mesin ATM.

Mengetahui hal itu, saksi meminta tolong kepada warga sekitar, lalu mengejar para pelaku. Namun nahas, saat hendak kabur pelaku justru menabrak sepeda motor dan mobil yang melintas di depannya di Jalan Panjang.

“Saat itu para pelaku yang berusaha kabur dengan menggunakan sedan warna hitam. Usai menabrak pelaku meninggalkan mobilnya dan kabur dengan cara berlari,” kata Marbun, Jumat (12/10).

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk AKP Josman Harianja menambahkan, pelaku yang berhasil ditangkap hanya satu orang yakni ZN. Sementara dua lainnya berhasil melarikan diri dan masih dalam pencarian.

Dari penangkapan terhadap pelaku, lanjut Josman, pihaknya menyita barang bukti berupa seperangkat alat pengait dan penjepit uang dari mesin ATM, satu unit mobil sedan Honda Civic, satu buah kartu ATM, data transaksi ATM, dan rekaman CCTV.

Josman menambahkan ini merupakan modus baru. Pelaku melancarkan aksinya dengan menggunakan ATM miliknya. Caranya saat mesin ATM sedang melakukan proses penarikan tunai dan sejumlah uang keluar pelaku mematikan mesin ATM. Sebelumnya telah disiapkan saklar untuk mematikan mesin.

Setelah dimatikan, uang terjepit di mesin ATM. Saat itu, pelaku mencongkel dengan alat yang telah disiapkan. Sehingga bisa mengambil uang yang berada di mesin ATM terseut.

“Kami masih melakukan pengejaran terhadap dua pelaku yang melarikan diri. Untuk tersangka ZN dijerat dengan Pasal 363 KUHP,” tandasnya.

(dik/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!