Pencana Penghapusan Hukuman Mati Malaysia Bisa Selamatkan 117 TKI – FAJAR –
Nasional

Pencana Penghapusan Hukuman Mati Malaysia Bisa Selamatkan 117 TKI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rencana pemerintah Malaysia untuk menghapus hukuman mati dapat menyelamatkan sekitar 117 Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Begitu data dari Migrant Care yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid dalam keterangannya akhir pekan ini.

Usman menuturkan jika Indonesia mengikuti langkah Malaysia, maka pemerintah Indonesia dapat menyelamatkan 188 warga asing yang terancam hukuman mati.

Usman menegaskan bahwa hukuman mati merupakan cara kejam, tidak manusiawi, dan merendahkan martabat manusia tersebut jelas melanggar hak untuk hidup yang dijamin Deklarasi Umum Hak Asasi Manusia (DUHAM) dan Kovenan Internasional Hak-Hak Sipil dan Politik.

“Gerakan abolisi hukuman mati bukanlah gerakan untuk menghapuskan pidana bagi pelaku kejahatan tapi upaya penghapusan jenis penghukuman yang kejam dan melanggar hak hidup. Pelaku kejahatan tetaplah harus dihukum jika terbukti di depan hukum tanpa harus berujung pada hukuman mati,” kata Usman.

Usman menyampaikan saat ini lebih dari dua pertiga negara-negara di dunia telah menghapus hukuman mati dalam undang-undang atau praktik, dan Malaysia akan bergabung bersama dengan 106 negara lainnya yang menghapuskan hukuman mati untuk semua kejahatan.

“Keputusan pemerintah Malaysia tersebut adalah kebijakan pro HAM yang sepatutnya ditiru oleh Pemerintah Indonesia,” lanjut Usman.

“Amnesty International menolak adanya hukuman mati tanpa terkecuali dalam kasus apa pun dan dengan metode apa pun,” tandasnya. [mel/rmol]

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!