Ganjil-Genap hingga Desember, Pengamat: Sambil Nunggu ERP Efektif – FAJAR –
Jabodetabek

Ganjil-Genap hingga Desember, Pengamat: Sambil Nunggu ERP Efektif

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 berakhir hari ini, Sabtu (13/10). Tetapi perlu diketahui sistem ganjil-genap di beberapa ruas jalan di Jakarta tidak akan berhenti diberlakukan ke depannya.

Sebab, dari dampak yang terpantau oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta banyak keuntungan yang didapatkan dari penerapan Ganjil-Genap ini. Maka, akan dilanjutkan hingga Desember mendatang.

Pengamat Transportasi, Deddy Herlambang melihat ini merupakan hal yang baik. Pasalnya, ini juga dapat menjadi transisi sistem sebelum pemberlakuan ERP resmi diterapkan di DKI Jakarta.

“Ganjil genap ya kita lihat itu kan cuman transisi sebelum ERP atau jalan berbayar itu efektif diimplementasikan makanya pakai ganjil genap dulu,” tuturnya, Sabtu (13/10).

Bahkan, Deddy mengakui merasakan manfaatnya langsung dari sistem Ganjil-Genap ini. Perjalanan dan aktivitasnya menjadi lebih produktif karena tidak terhalang macet seperti sebelumnya.

“Saya akui cukup berhasil dengan Ganjil-Genap, kalau siang di jalan menggunakan angkutan darat atau taksi atau bis jadi cepat. Biasanya Senayan ke Juanda 40 menit, jadi 20 menit padahal saya pakai taksi lumayan,” jelasnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko menyatakan, Gubernur DKI Jakarta telah mengeluarkan Peraturan Gubernur terhitung 12 Oktober 2018 yang menyatakan Ganjil-Genap akan diperpanjang pelaksanaannya.

“Pemprov telah menerbitkan Pergub 106 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap. Berlaku sejak 15 Oktober s/d 31 Desember 2018,” tuturnya, Sabtu (13/10). (rgm/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!