Takut Kebanjiran, Emak-Emak Ini Demo Pemkot Makassar

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 09:17 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sekumpulan Ibu Rumah Tangga (IRT) atau kerap disapa emak-emak, menggelar aksi unjuk rasa di Jl Sultan Alauddin Makassar. Tak tanggung-tanggung, para emak-emak ini mendemo Pemerintah Kota Makassar. Seperti yang terjadi, Jumat (19/10), kemarin.

Puluhan emak-emak dari Warga kompleks Griya Fajar Mas, Jalan Teduh Bersinar, Kecamatan Rappocini melakukan aksi sambil membentangkan spanduk tepatnya di depan pintu masuk Kompleks Griya Fajar Mas.

Dalam tuntutannya, warga kompleks Griya Fajar Mas Rappocini ini menolak proyek betonisasi yang dilakukan pihak Pemerintah Kota Makassar, sebelum dilakukan perbaikan drainase secara menyeluruh untuk kompleks Griya Fajar Mas.

“saat ini mulai memasuki musim penghujan, tidak usah kerja jalanan dulu, selesaikan saja itu drainase. Untuk apa jalanan bagus kalau drainase tersumbat, pasti ujung-ujungnya banjir juga. Tidak tinggi saja jalan kompleks sudah tergenang, bagaimana kalau jalan lebih tinggi,” ungkap Hj Emma, salah satu warga kompleks Griya Fajar Mas.

Selain membentangkan spanduk berisi tuntutan yang ditujukan ke pemerintah kota, para emak-emak juga mengancam bila persoalan ini tidak ditanggapi, maka mereka akan membawa masalah drainase tersebut ke ranah hukum.

“Apabila pengerjaan beton tetap dilanjutkan tanpa pengerjaan drainase dan mengakibatkan banjir dalam kompleks, maka warga akan menuntut Pemerintah Kota Makassar mengganti rugi yang besarannya akan dituangkan dalam gugatan nanti,” tambah Emma.

Selain menutut perbaikan drainase, berapa kantor disini yang halamannya tidak muat untuk parkir, seperti Kantor Dinas Kesehatan, Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kantor Inspektorat dan Kantor Camat Rappocini. Semua yang berkunjung ke kantor tersebutparkirnya berada di badan jalan masuk kompleks, sampai ada parkir dalam kompleks.

”Ini juga menjadi keluhan kami warga kompleks,” teriak pada peserta aksi.

Menyikapi hal itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) Kota Makassar menjadwalkan melakukan pemanggilan kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, muh Ansar. Pemanggilan dilakukan sebagai tindak lanjut atas aksi demonstrasi dilakukan warga kompleks Griya Fajar Mas.

Ketua Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Rahman Pina menyebut, aspirasi warga yang meminta perbaikan berupa betonisasi jalan tidak hanya sampai disitu tetapi juga memperbaikan drainase mereka.

”Komisi C segera memanggil baik Dinas PU Kota Makassar ataupun warga kompleks untuk menghadiri rapat dengar pendapat. Saya sudah terima langsung aspirasi dari warga. Inilah yang kami mau bantu perjuangkan,” sebut Rahman Pina kepada BKM.

Rapat dengar pendapat diharapkan dapat menghasilkan solusi baik. Sehingga apa yang menjadi tuntutan warga dapat dipenuhi. Apalagi mengingat musim penghujan mulai masuk dan mengguyur wilayah Kota Makassar. (jun-arf/bkm/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.