Maksimalkan Penyaluran Zakat, Ini yang Dilakukan DPRD Makassar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – DPRD Makassar memastikan akan memaksimalkan penyaluran Zakat di Kota Makassar secara merata.

Itu menyusul sejumlah temuan dugaan penyaluran zakat yang tidak merata dan pemunguntan secara liar.Sehingga, DPRD Makassar berencana membentuk Unit Pelaksana Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar lewat Ranperda tentang Rumah Zakat, Infaq, Sedekah, Dana Sosial Keagamaan.

Sekretaris Pansus Ranperda Rumah Zakat Kamaruddin Olle mengatakan, UPZ akan bertugas untuk membantu pengelolaan zakat di tingkat kelurahan se-Kota Makassar.“Sengaja ini dibentuk lihat saja biasanya kalau Idul Fitri, selalu tumpang tindih penyaluran zakat,” ungkap Kamaruddin Olle di Makassar, Minggu (21/10/2018).

Kamaruddin Olle juga mengatakan, UPZ akan melakukan pendataan dan mensikronkan data dari mesjid-mesjid pemungut dan penyalur zakat tingkat kelurahan hingga kecamatan.

“Tugas UPZ itu adalah pemungutan dan penyaluran sebagai perpanjangan tangan dari Baznas. Yang mendata objek pajak dan mendata tujuan pajak. Tujuan pajak kan yakni fakir, miskin, fisabilillah, dan ada beberapa lagi yang sesuai dengan syariat Islam,” tambah politikus Partai Hanura ini.

(gunawan songki/pojoksulsel)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...