Peringati Hari Sumpah Pemuda, Siswa SD di Makassar Gelar Karnaval Budaya

Minggu, 21 Oktober 2018 - 09:40 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda pada 28 Oktober 2018 mendatang, ratusan anak sekolah dasar melakukan karnaval budaya di Jalan Baji Pamai, Kantor Kelurahan Tamparang Keke Kecamatan Mamajang Kota Makassar, Minggu (21/10/18).

Karnaval budaya tersebut diikuti 150 siswa dari berbagai sekolah dasar yang berada di kelurahan Tamparang Keke. Mereka mengenakan pakaian adat istiadat dari berbagai daerah di Indonesia.

“Tujuan utama diadakan kegiatan ini untuk meningkatkan kekompakan, dan kebersamaan dan juga memperingati hari sumpah pemuda. Ini dilakukan supaya anak-anak bisa mengenang jasa para pahlawan berjuang,”kata Ibu Lurah Tamparang Keke, Nurhayati Husain

Ia menjelaskan, sumpah pemuda menjadi wadah mempersatukan bahasa, suku dan budaya. Untuk itu, para siswa didandani dengan menggunakan pakaian adat dari suku di Indonesia.

“Kalau dari baju adatnya itu dari Toraja, Mandar, Padang, Bali. Ada juga pakaian daur ulang, ini dimaksudkan agar anak-anak tahu bagaimana cara menunjukkan kreatifitas lewat sampah,”tukasnya.

Tak hanya sekedar pertunjukan pakaian adat, kegiatan tersebut turut dijadikan sebagai ajang lomba. Lewat karnaval itu, para siswa menunjukkan kreatifitasnya.

“Tentunya unsur penilaiannya dari segi kekompakan. Mereka bisa memperlihatkan kepada orang-orang dari penampilannya dengan berbagai profesi, pakaian adat, dan sebagainya. Ini baruawal, nantinya akan ada malam puncak dengan perayaan yang lebih meriah yang melibatkan anak dari berbagai tingkatan sekolah,”jelasnya. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.