Hadapi UEA, Indonesia Siapkan 5 Eksekutor Tendangan Bola Mati

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim nasional sepak bola U-19 Indonesia menyiapkan lima eksekutor tendangan bebas yang, jika diturunkan, bisa beraksi di laga pamungkas Grup A Piala U-19 Asia 2018 kontra Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (24/10).

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri menyebut, para eksekutor tersebut yakni Muhammad Luthfi, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Todd Rivaldo Ferre dan Nurhidayat Haji Haris.

“Kami memang mempunyai banyak penendang bebas,” ujar Indra di Jakarta, Senin (22/10).

Dia melanjutkan, situasi bola mati seperti tendangan bebas memang menjadi semacam “pakem” baru dalam taktik sepak bola modern yang sebelumnya sudah diisi dengan bagaimana bertahan, menyerang dan transisi.

“Tim-tim di Piala Dunia dan Asian Games 2018 juga banyak menang dari situasi set piece ini,” kata Indra.

Pada laga Grup A Piala U-19 Asia kontra Qatar, Minggu (21/10), Indonesia memetik buah dari taktik tendangan bebas.

Ketika itu, tiga kesempatan Indonesia melalui sepakan bebas langsung berhasil diubah menjadi gol oleh tiga penendang berbeda yakni Muhammad Luthfi Kamal, Todd Rivaldo Ferre dan Saddil Ramdani. Hal serupa tentu diharapkan kembali terjadi saat Indonesia bersua Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (24/10).

Sebagai informasi, saat berhadapan dengan Qatar, lima gol dari Muhammad Luthfi Kamal (28′), Todd Ferre (65′, 72′ dan 80′), serta Saddil Ramdani (68′) membuat Indonesia memperkecil kedudukan menjadi 5-6 setelah tertinggal 1-6 sampai 20 menit babak kedua berjalan.

Qatar sendiri membuat gol melalui Hashim Ali (10′, 50′), Abdulrasheed Umaru (14′, 41′, 56) dan Mohammed Waad (23′).

Timnas U-19 Indonesia sendiri saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala U-19 Asia 2018 dengan tiga poin dari dua laga. Sementara Qatar bertengger di peringkat kedua juga dengan tiga poin, tetapi unggul “head to head” dari Indonesia.

Adapun Uni Emirat Arab menjadi pemuncak klasemen Grup A dengan mengoleksi enam poin dan Taiwan menjadi juru kunci setelah tak mampu memenangi dua pertandingan yang telah dijalani.

Pada Rabu (24/10) mulai pukul 19.00 WIB, Indonesia akan menghadapi UEA di laga terakhir Grup A Piala U-19 Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Kemenangan akan membawa Indonesia ke babak perempat final.

Di hari dan jam yang sama, Qatar akan melawan Taiwan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. (Ant)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...