Rumah Panggung Lebih Aman Dibandingkan Rumah Beton, Ini Alasannya…

Jumat, 26 Oktober 2018 - 20:14 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Struktur bangunan ternyata juga sangat membantu masyarakat dalam menghadapi bencana alam. Selain itu, dalam mendirikan bangunan juga harus diperhatikan kondisi tanah suatu daerah.

Dosen Teknik Geologi Unhas, Adi Maulana mengatakan saat ini bangunan berupa kearifan lokal suku bugis atau rumah panggung bisa menjadi solusi bagi masyarakat menghadapi bencana alam seperti gempa.

Menurutnya, sifat dari kayu ini tidak terlalu mengikat sama seperti dengan beton yang ketika terjadi goncangan akan runtuh. Dengan demikian, kayu lebih elastis ketika terjadi goncangan.

“Sebenarnya itu untuk menghindari banjir. Tapi dari segi konstruksi biasanya lebih tahan terhadap goyangan dibandingkan dengan beton. Kearifan lokal itu tentu akan sangat mempengaruhi terhadap kesiapan warga di daerah menerima goncangan bencana,”ungkap Adi disela Seminar dan Talkshow Potensi dan Mitigasi Bencana Alam Geologi Sulawesi, di Hotel Gammara Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Jumat (26/10/18)

Meskipun Makassar terbilang cukup aman terhadap gempa, namun yang harus diwaspadai adalah gempa yang diakibatkan oleh patahan Walanae, karena getarannya bisa mempengaruhi bangunan di Makassar yang masih banyak belum tahan terhadap gempa.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Nurhidayat menghimbau masyarakat agar sadar akan mitigasi bangunan. Informasi mengenai mitigasi bangunan, kata Nurhidayat, bisa diperoleh melalui media sosial.

“Tapi yang paling penting itu bagaimana membangun kesadaran sejak dini. Makanya kami biasanya datang ke anak sekolah, atau mereka yang mendatangi kami untuk membagi pengetahuan dan keterampilan bagaimana mengajari bencana seperti apapun,”tutupnya.(sul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.