Empat Menteri Bakal Dampingi Wapres JK Hadiri Rembuk Kemaritiman ASPEKSINDO

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Rembuk kemaritiman nasional yang digelar Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) di Batam pada 16-18 November 2018 bakal dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Rembuk kemaritiman nasional ini menuai perhatian tersendiri dari pemerintah pusat. Tidak tanggung-tanggung, empat menteri telah mengkonfirmasi kehadirannya untuk mendampingi Wapres JK pada acara tersebut.

Keempat menteri yang siap hadir adalah Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan; Menko Perekonomian, Darmin Nasution; Menteri Pariwisata, Arief Yahya; dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

“Yang sudah komfirmasi hadir, yaitu Menko Maritim, Menko perekonomian, Menpar, dan Menhub. (Mereka) hadir sebagai pembicara, sekaligus mendampingi Pak Wapres JK,” terang Rian Soemarno selaku ketua panitia, Kamis (1/11/2018).

Selain Wapres JK dan keempat menteri tersebut, rembuk kemaritiman nasional ini juga dijadwalkan dihadiri Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo; dan Alwi Hamu selaku Ketua Dewan Pakar ASPEKSINDO. Panitia pelaksana juga sudah mem-booking 150 kamar untuk para kepala daerah dan kementerian terkait yang dijadwalkan hadir.

Pada acara tersebut, ASPEKSINDO menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI) dalam rangka Prospek Penataan Kemaritiman Indonesia Tahun 2018-2023. Kerja sama diperkuat dengan penandatanganan MoU kedua pihak yang digelar pada September lalu.

Rembuk kemaritiman nasional yang akan digelar mengusung penguatan ekonomi kerakyatan. ASPEKSINDO dan BNI bertekad menciptakan 250 ribu pengusaha di desa setiap tahunnya.

Sejatinya, kerja sama ASPEKSINDO dan BNI dalam rangka mengembangkan pembinaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sehingga BUMDes dapat berjalan secara maksimal. Dari program ini nantinya diharapkan muncul ratusan ribu pengusaha di desa yang akan memaksimalkan potensi desanya masing-masing.

Rembuk kemaritiman nasional yang digelar Aspeksindo ini didukung penuh oleh grup Fajar Indonesia Network (FIN) se-Indonesia. Grup FIN meliputi 90 media cetak, 9 media online nasional, dan satu media tv nasional. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...