Disdikbud Jateng Luncurkan Wasdal Online, Ini Manfaatnya – FAJAR –
Daerah

Disdikbud Jateng Luncurkan Wasdal Online, Ini Manfaatnya

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama pengawasan dan pengendalian (Wasdal Online).

Peluncuran atau launching dilakukan oleh Sekretaris Disdikbud Provinsi Jawa Tengah Sulistyo S.Pd MM yang mewakili Kepala Disdikbud Provinsi Jawa Tengah Drs Gatot Bambang Hastowo M.Pd di Gedung B Aula Ki Hajar Dewantara, Disdikbud Provinsi Jawa Tengah, Rabu (7/11).

Aplikasi Wasdal Online adalah suatu program berbentuk perangkat lunak yang berguna untuk pengawasan dan pengendalian laporan hasil kinerja pengawas SMA, SMK dan SLB Disdikbud Provinsi Jawa Tengah.

Sekretaris Disdikbud Provinsi Jawa Tengah Sulistyo mengatakan, manfaat adanya aplikasi Wasdal Online ini untuk mempermudah dan mempercepat pengawas sekolah dalam menyampaikan laporan hasil kerjanya kepada Disdikbud Provinsi Jawa Tengah sebagai instansi induk.

“Disdikbud Provinsi Jawa Tengah akan mudah, cepat, efektif dan efisien mendapatkan laporan hasil kerja pengawas sekolah, antara lain peta ketercapaian Laporan Standar Nasional (SNP) untuk SMA dan SMK Negeri maupun Swasta di Jawa Tengah,” katanya.

Peluncuran aplikasi tersebut, lanjut Sulistyo, sekaligus pelatihan untuk para pengawas SMA dan SMK dalam memanfaatkan aplikasi Wasdal Online untuk melaporkan hasil kerja pengawasan.

“Salah satunya berupa laporan ketercapaian SNP pada SMA dan SMK Negeri maupun Swasta di Jawa Tengah,” ujarnya.

Sulistyo menambahkan, selain peluncuran dan pelatihan aplikasi Wasdal Online, juga dilaksanakan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan penyusunan Rapergub Jawa Tengah tentang pengawas sekolah.

Dalam penyusunan Rapergub Jawa Tengah ini melibatkan unsur Disdikbud Provinsi Jawa Tengah. Di antaranya Pejabat dan Staf Disdikbud, Kepala Sekolah Negeri maupun Swasta, Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS), Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI).

Selain itu Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Unsur Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah dan unsur BKD Provinsi Jawa Tengah “Penyusunan Rapergub ini nantinya menjadi Pergub tentang pengawas sekolah,” imbuhnya. (sen)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!